Siap Mudik Dengan Uang THR? Agar Uang Aman Sampai Akhir Bulan, Aturlah Gajimu Seperti Ini!
Sumber: liveolive.com

Finance / 31 May 2019

Kalangan Sendiri

Siap Mudik Dengan Uang THR? Agar Uang Aman Sampai Akhir Bulan, Aturlah Gajimu Seperti Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
1989

Libur Lebaran sudah di depan mata, artinya musim mudik pun sudah dimulai. Walau tunjangan hari raya (THR) sudah cair, jangan terlalu ceroboh untuk menghabiskan uang kamu untuk keperluan mudik dan selalu persiapkan segalanya secara matang agar kantong tidak jebol ya.

Supaya keuangan kamu tetap aman sampai nanti akhir bulan, Fauziah Arsiyanti, Independent Financial Advisory dari PT Fahima Advisory punya beberapa tips untuk berhemat untuk kamu nih!

 Pertama, sisihkan dulu uang kamu untuk perpuluhan

Maleakhi 3:10, “Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman Tuhan semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap- tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan."

Nah, ini adalah prioritas utama yang wajib kamu lakukan sebagai orang Kristen. Jangan lupa bahwa segala sesuatu yang kamu terima saat ini berasal daripada Allah Sang pemilik segalanya.

Kedua adalah sisihkan untuk kewajiban bulanan kamu

Yang di maksud dalam hal ini adalah seperti tagihan kredit, tagihan listik, air, biaya sekolah anak, dan lain-lain sebelum memutuskan untuk mudik.

Maksudnya ketika kamu selesai liburan mudik, segala urusan kamu sudah beres dan kamu tak lagi memikirkan hutang kartu kredit dan lain sebagainya.

"Prioritaskan membayar hutang, dan kebutuhan bulan berikutnya setelah Lebaran lewat perencanaan keuangan yang baik," ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (27/5).

Ketiga, sebelum berangkat mudik, pastikan memilih transportasi mudik yang sesuai dengan kantong kamu.

Kalau kamu berencana membawa mobil pribadi, maka jangan lupa untuk mengalokasikan biaya bensin dan keperluan akomodasi pergi dan pulang, biar aman.

Sementara itu, Perencana Keuangan Eko Endarto dari Finansia Consulting mengatakan bahwa ada dua hal yang perlu dipikirkan secara matang selain biaya transportasi.

Pertama adalah akomodasi seperti berapa lama kita akan mudik serta makanan apa yang akan kita komsumsi diperjalanan dan selama mudik, lalu  kedua, alokasikan uang untuk kebutuhan lain seperti membagi amplop bagi saudara yang merayakan lebaran, serta oleh-oleh.

Menurut Eko, pengeluaran mudik tidak boleh lebih tinggi dari bonus THR yang diperoleh. "Mudik itu harusnya tidak boleh menjadi beban keuangan, jangan sampai gara-gara mudik harus mengorbankan investasi, tabungan dan tanggungan lain, kecuali punya tabungan khusus mudik," jelasnya.

Lagian, bulan lebaran kali ini jatuh di awal bulan, itu berarti ada jarak yang cukup lama untuk kita bisa mendapat penghasilan gaji seperti biasa. Jadi biar nggak keteteran, Eko menghimbau supaya menyisihkan separuh uang untuk tabungan kebutuhan pas pulang mudik nanti.

"Masih ada sisa tiga minggu setelah mudik, harus disisihkan di awal," jelasnya. Nah, apabila secara keuangan tidak mencukupi, kamu harus lebih bijak dengan memilih untuk tidak berangkat mudik.

Adapun menurut Fauziah, bila dari sisi keuangan tidak mencukupi untuk mudik, lebih bijak untuk mengurungkan niat tersebut, sebab yang utama menurutnya adalah pola pikir untuk berhemat dan tidak memaksakan kantong agar tidak jebol setelah mudik.

Jadi, sudah tahu mau mudik kemana tahun ini? Ke rumah orangtua, atau ke rumah mertua?

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami