Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
230


Lebaran sudah di depan mata, dan rencana untuk pulang kampung sudah lengkap, tapi setelah hitung-hitung ternyata biaya perjalanan begitu besar.  Terbersit keinginan untuk punya mobil sendiri, selain memudahkan mobilitas, juga menambah prestise saat pulang kampung dengan mobil pribadi. Tapi apakah pilihan ini benar?

Penting untuk mempertimbangkan baik-baik sebelum kamu memutuskan untuk membeli mobil pribadi, baik itu baru ataupun bekas. Apa lagi kalau uang tunai yang kamu miliki terbatas dan harus membelinya dengan cara kredit. Ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan, yuk lihat apa saja itu…

1# Apakah sarana transportasi umum masih memadai untuk kebutuhanmu dan keluarga

Pertimbangan pertama sebelum membeli mobil pribadi adalah dengan bertanya, “Apakah sarana transportasi umum masih memadai untuk memenuhi kebutuhanmu dan keluargamu?”

Seberapa jauhkah jarak rumah dan kantormu? Apakah kamu menggunakan kendaraan umum atau motor?

Jika jarak kantor dan rumah masih terbilang tidak terlalu jauh dan bisa ditempuh dengan kendaraan umum atau motor, maka ada baiknya menunda untuk membeli mobil. Lebih baik ditabung dulu, daripada memutuskan untuk kredit mobil.

Selain itu saat ini dengan maraknya ojek online, baik motor dan mobil akan lebih memudahkan kamu dan keluarga.

2# Pertimbangkan biaya tambahan yang akan muncul saat memiliki mobil pribadi

Saat kamu membeli mobil pribadi, kamu bukan hanya terbeban untuk membayar cicilan mobil, tapi juga asuransi kendaraan, pajak, servis rutin dan juga bensin. Buatlah perhitungan baik-baik semua pengeluaran itu terlebih dahulu, carilah acuan tentang biaya-biaya tadi.

Lalu kamu bandingkan dengan pengeluaran rutin untuk transportasi bagi kamu dan keluarga jika kamu memakai angkutan umum atau ojek online atau bahkan motor pribadimu. Jika pengeluaran saat membeli mobil pribadi lebih tinggi bahkan dua kali lipat lebih dari menggunakan kendaraan umum, maka lebih baik kamu menahan diri dulu.

3# Pertimbangkan kemampuan keuangan kamu

Ini yang terpenting, ya, jika kamu sudah punya uang kamu tentu bisa beli mobil kapan saja. Tapi jika tidak, untuk mengajukan kredit mobil ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti besaran gaji kamu, dan uang muka yang kamu miliki.

Biasanya dealer mobil memberikan syarat uang muka untuk kredit mobil adalah 20-30% dari harga kendaraan. Namun jika sedang promo, ada beberapa kelunakan. Apakah kamu punya uang sebesar itu?

Selanjutnya, apakah besaran gaji kamu memenuhi syarat? Untuk kredit, cicilan mobil minimal adalah 1/3 dari total gaji kamu. Jadi, jika cicilan mobilmu adalah 3,5 juta rupiah, maka paling tidak gaji kamu harus sejumlah 10,5 juta rupiah.

Nah, selain itu ada persyaratan lain sesuai dengan ketentuan pihak penyelenggara kredit. Jika kamu bisa memenuhi syarat-syarat itu dan keuanganmu memadai, maka bisa saja kamu mempertimbangkan untuk kredit mobil.

Tapi, lebaran kan sudah tinggal menghitung hari ini, apakah tepat untuk membeli mobil di saat-saat terakhir seperti ini?

Jawabannya tentu saja tidak. Mengapa?

Karena permintaan mobil meningkat saat menjelang lebaran, maka biasanya harga mobil akan lebih tinggi daripada bulan-bulan yang lain. Hal ini sudah jelas tidak menguntungkan bukan? Maka lebih baik kamu menunda saja pembelian mobil ini.

Sebagai alternatif, pakailah kendaraan umum saja, kereta, bus, atau bahkan pesawat terbang untuk membuat perjalanan mudikmu lebih nyaman. Ketika sampai di kota tempat kelahiranmu, kamu bisa mengantisipasinya dengan menyewa mobil di sana untuk mempermudah mobilisasimu dan keluarga.

Lalu, kapan waktu paling tepat untuk membeli mobil?

1# Satu bulan setelah lebaran

Betul, satu bulan setelah lebaran biasanya permintaan mobil turun drastic. Saat seperti ini biasanya para dealer mobil akan memberikan harga diskon, terutama showroom mobil bekas. Nah, kalau kamu bisa mengatur keuanganmu dengan baik dan memiliki uang yang cukup, maka ini adalah saat yang tepat untuk membeli mobil.

2# Pada akhir tahun atau awal tahun

Pada akhir tahun biasanya showroom yang belum mencapai target akan melakukan promosi dan memberikan diskon untuk menghabiskan persedian mobil mereka. Jika hingga awal tahun target masih belum tercapai, maka biasanya diskon akan berlangsung hingga awal tahun.

Jadi, pastikan kamu pasang mata dan telinga baik-baik menjelang akhir tahun untuk mengincar mobil impianmu. Jelilah memilih dan sesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhanmu. Jangan sampai kamu dikuasai keinginan namun pada akhirnya kamu menderita karena tidak mampu membayar cicilan ya.

Jangan terpancing oleh ego, hanya karena teman atau tetangga sudah punya mobil. Pastikan hal itu sudah sesuai kemampuan dan kebutuhanmu. Tetaplah rendah hati, dan muliakanlah Tuhan dengan apa yang kamu miliki. Selamat menikmati liburan…

Baca juga : 

Liburan Panjang? Begini Cara Melewatinya Jika Nggak Pulang Kampung! Jadi Berkat Kan?

Buat yang Punya Mobil Kudu Tahu 6 Cara Bikin Kantong Tetap Hemat Ini

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Arfan Saputra 15 October 2019 - 19:43:11

Apa dampak positif dan negatif si penyelamat jalan

0 Answer

Erick Amleni 14 October 2019 - 19:39:37

Yesaya Yeremia

0 Answer

Sarah Pillay 14 October 2019 - 19:37:17

The pilgrim’s progress

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 2


7268

Banner Mitra Oktober Week 2