Merasa Gak Punya Tujuan Hidup? Isilah Masa Mudamu dengan 9 Prioritas Ini…
Sumber: Inspired Woman Magazine

Single / 24 May 2019

Kalangan Sendiri

Merasa Gak Punya Tujuan Hidup? Isilah Masa Mudamu dengan 9 Prioritas Ini…

Lori Official Writer
2756

Setiap orang yang lahir antara tahun 80 sampai 2000-an punya peluang besar untuk jadi apa yang mereka mau. Mereka yang lahir di di sepanjang era ini tumbuh dalam kebebasan mutlak jadi anak muda yang penuh impian.

Mereka bisa pergi kemana mereka suka. Mereka juga rela mencari pekerjaan dan membangun karir di tempat yang jauh dari kampung halamannya.

Bisa dibilang, kebebasan yang dimiliki anak muda saat ini menentukan pilihan menjadi apa mereka ke depan. Masa depan adalah tujuan hidup. Sayangnya, ada banyak anak muda yang merasa gak punya tujuan hidup sehingga mereka hanya menjalani hidup tanpa tujuan yang jelas.

Tentu saja Tuhan gak mau kita hanya hidup jadi orang rata-rata saja. Dia mau kita lebih dari orang pada umumnya. Karena itulah menentukan tujuan hidup itu penting. Gimana caranya? Jadikan 9 hal ini jadi daftar prioritasmu…

1. Daftarkan apa saja potensi dirimu

Kamu punya kemampuan apa saja? Mungkin kamu ahli dalam bidang Matematika, Tata Bahasa, Design, Dance, Menulis dan sebagainya.

Cobalah untuk menemukan apa saja potensi yang kamu punya. Apakah kamu pernah punya prestasi dalam bidang tertentu? Apa keterampilan yang bisa kamu jual? Dengan menemukan potensi itu kamu akan lebih mudah menentukan arah karirmu.

2. Temukan daftar bidang yang kamu gak kuasai

Mungkin kamu gak ahli dalam bidang sains, melukis, musik, digital, media, akuntansi dan sebagainya.

Setelah menemukan hal itu, kamu akan lebih mudah untuk memilih bidang-bidang apa yang perlu kamu hindari atau mungkin yang perlu kamu tingkatkan.

Percayalah, gak ada orang yang gak mampu. Kamu hanya perlu sedikit kerja keras untuk bisa menguasainya.

3. Tulislah mimpi-mimpimu setinggi mungkin

Masa muda adalah waktu buat kamu untuk meraih mimpi setinggi-tingginya. Mungkin kamu suka mendaki gunung, menulis buku, membuat Youtube Channel, menjelajah atau menghasilkan satu mahakarya.

4. Kalau pernikahan adalah salah satu tujuan hidupmu, tentukan targetmu.

Menikah adalah salah satu tujuan hidup setiap orang. Jadi, setelah lulus kuliah dan dapat kerja, tentukanlah targetmu kapan akan menikah. Semakin kamu gak memikirkannya maka kamu bisa kehilangan kesempatan besar untuk menikmati indahnya hidup berkeluarga.

Jangan tunggu sampai kamu termakan usia dan menyesalinya saat kesempatan gak lagi datang.

Baca Juga :

Biar Ladies Gak Jatuh Kepelukan Pria Beristri, Hindari Lakukan 3 Hal Ini!

Udah Lama Lose Contact, Begini Cara Gampang Biar Balik Akrab Bareng Teman Lama

5. Catat setiap rencana di satu aplikasi kalender tahunan

Hal ini memudahkanmu untuk diingatkan soal prioritas-prioritasmu dalam hidup. Kita diciptakan bukan hanya sekadar menghabiskan waktu 24 jam melakukan hal-hal yang biasa saja. Kita juga harus terpacu untuk melakukan yang terbaik untuk hidup kita.

Isilah daftar prioritasmu dalam setahun. Misalnya kamu harus lulus kuliah bulan Desember, melunasi hutang dalam tiga bulan, membeli rumah, atau membuka usaha pribadimu.

Kamu juga bisa membuat catatan khusus untuk hal ini. Tulis di sticky notes dan tempel di tempat dimana kamu gampang melihatnya.

6. Tentukan berapa banyak anak yang akan kamu punya

Bukan cuma menikah. Tapi kamu juga harus menentukan rencana spesifikmu soal keturunan. Ini adalah salah satu amanat agung yang Tuhan percayalah atas kita. Jadi jangan pernah lupa dengan poin ini.

7. Tentukan di kota atau negara mana kamu akan tinggal

Tempat dimana kamu bekerja sekarang belum tentu membuatmu nyaman untuk tinggal selamanya di sana. Bisa saja rencana hidup berubah. Karena itu, pikirkan baik-baik dimana kamu akan tinggal menetap?

8. Cek rata-rata pendapatan yang harus kamu dapatkan setiap bulannya

Bekerja saja gak cukup untuk menjalani hidup. Kita gak cukup hanya fokus pada kebutuhan hidup kita saja. Tapi bagaimana kita juga bisa memakai penghasilan kita untuk melakukan hal lain yang berguna bagi orang lain.

Jadi, pastikan kalau gajimu cukup untuk memenuhi kebutuhan dan juga dialokasikan untuk hal-hal yang penting bagi orang lain.

9. Jangan pernah lupa berdoa

Doa adalah senjata yang paling ampuh untuk kita pakai supaya Tuhan selalu menunjukkan arah yang harus kita tempuh dalam hidup.

Bukan hanya doa untuk dirimu sendiri. Tapi pastikan kalau keluargamu juga memberikan dukungan doa untukmu.

Firman Tuhan memang berkata kalau rencana kita gak akan selamanya terjadi atas hidup kita. Karena kita hanya berencana tapi Tuhan sendirilah yang akan memutuskan. Tapi percayalah, bahwa dengan merencanakan perjalanan hidup kita dengan baik kesempatan kita untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik akan datang.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami