Demi Si Kecil, Inilah Yang Bisa Mama Lakukan Sebelum Kembali Kerja Lagi!
Sumber: CV Library

Finance / 3 May 2019

Kalangan Sendiri

Demi Si Kecil, Inilah Yang Bisa Mama Lakukan Sebelum Kembali Kerja Lagi!

Naomii Simbolon Official Writer
1753

Nggak terasa, cuti hamil dan melahirkan kamu sudah mau selesai. Sebentar lagi kamu akan mulai masuk kantor dan mungkin akan meninggalkan si kecil di rumah.

Ada rasa bersalah ya, Ma, apalagi kalau kamu meninggalkan si kecil dengan orang lain seperti penitipan anak.

Meski anak merasa senang berada di sana, di sisi lain kamu tetap saja khawatir. Dicampur aduk pula dengan perasaan semangat dan nggak sabar untuk kembali ke kesibukan, ngobrol dengan teman-teman kantor, minum kopi dan jauh lebih produktif lagi.

Ya, semua orang merasakan apa yang kamu alami. Itu adalah perasaan yang normal. Mau nggak mau, kamu harus siap memulai fase ini.

Ingat, kamu nggak sendirian. Dibawah ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri sebelum kembali bekerja lagi!

1. Cobalah untuk memulai rutinitas yang baru sebelum memulai kerja lagi.!

Ya, aturlah rutinitas kamu sebaik mungkin. Atur tubuhmu, supaya ketika kamu bekerja, kamu terbiasa dengan rutinitas itu. Jadi nggak berubah drastis gitu loh!

Mulailah bangun pagi-pagi, berdoa dengan suami, lalu menyiapkan sarapan, minta tolong suami membantu urusin si kecil, lalu olahraga atau jalan pagi.

Olahraga atau lari pagi akan membantu kamu secara mental untuk mempersiapkan dan mengatasi kekusutan hidup.

Bayi itu nggak bisa diprediksi, tapi kamu harus mempersiapkan semuanya supaya nanti mudah untuk dikelola.

2. Tentukanlah segera siapa yang akan mengasuh si kecil selama kamu bekerja

Ketika kamu kembali bekerja, suamipun demikian maka anak akan tinggal sendiri.

Perihal memilih pengasuh untuk si kecil, tentu saja nggak semudah itu.

Kita perlu memastikan bahwa mereka bisa dipercayai dan mengasihi anak kamu, mereka benar-benar berpengalaman.

Kamu bisa mencari baby sitter yang benar-benar bisa kamu percayai, kamu bisa training dia sebelum waktunya kembali kerja.

Jika kamu nggak begitu percaya, maka kamu pun bisa  menitipkan anak sementara kepada neneknya. Mereka pastilah mengasihi cucunya dan akan memastikan bahwa si kecil akan baik-baik saja.

Kalau sudah begini, kamu pun semakin tenang dalam bekerja kan?

ARTIKEL TERKAIT :

Pastikan Dirimu Menjawab Pertanyaan Ini Sebelum Melakukan Perubahan Dalam Pekerjaanmu!

3. Ngobrollah kepada atasa kamu, siapa tahu dikasih kelonggaran dalam pekerjaanmu sehingga waktumu terbagi dengan baik untuk si kecil

Yang namanya pekerjaan, harus profesional ya. Tapi cobalah ngobrol dengan atasanmu. Untuk awal-awal mungkin sulit, jadi mintalah kelonggaran bagi dia dimana akmu mungkin nyampe kantor telat dulu untuk beberapa minggu, tetapi kamu pulang sedikit lama. Atau mungkin kamu diberi kelonggaran pulang cepat, dan bekerja dari rumah. Jika ada yang mendesak, maka staff bisa datang ke rumah untuk tandatangan dan lain sebagainya.

Karena kan kalau awal-awal melahirkan, ibu cenderung harus lebih sering memompa asi. Apalagi kalau jarak rumah dan kantor kamu jauh kan?

Nah, itulah 3 hal yang kamu bisa lakukan ketika kamu hendak memulai bekerja lagi setelah cuti hamil.

Tetap seimbangkan waktu kerjamu dengan mengurus anak ya. Jangan anak terbengkalai hanya karena kesibukan kerja. Jika sudah tidak memungkinkan, sebaiknya prioritaskanlah anak dari pada pekerjaan. Karena jika anak kehilangan waktu bersama orangtua mereka atau kurang perhatian dari kamu, maka itu bisa merusak masa muda mereka nanti.

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami