Diabetes Gak Akan Nunggu Sampai Kamu Tua. Ini loh Alasannya Mengapa Kamu Harus Waspada!

Health / 15 April 2019

Kalangan Sendiri

Diabetes Gak Akan Nunggu Sampai Kamu Tua. Ini loh Alasannya Mengapa Kamu Harus Waspada!

Naomii Simbolon Official Writer
1770

Mungkin kamu sudah sangat sering mendengar sakit diabetes, atau mungkin tetanggamu sedang mengalami penyakit ini?

Diabetes merupakan penyakit kencing manis yang berhasil membunuh lebih dari satu juta orang setiap tahunnya. Penyakit ini terjadi ketika tubuh mengurai karbohidrat menjadi gula ketika kita makan. Lalu sebuah hormon yang bernama insulin yang diproduksi di pankreas harusnya menyerap gula dan menjadikan energi, tetapi dalam penyakit diabetes, hormon insulin ini tidak bekerja dengan baik sehingga menyebabkan gula menumpuk di darah kita.

Nah, semakin lama penyakit ini bisa sangat berbahaya bagi tubuh, seperti meningkatkan resiko kerusakan syaraf, kehilangan penglihatan dan infeksi pada kaki. Dikutip dari BBC bahkan diabetes adalah penyebab utama kebutaan, gagal ginjal, serangan jantung, tekanan darah tinggi dan amputasi tubuh bagian bawah.

Ngeri ya!

Lantas, apa sih ciri-ciri dan gejala umum diabetes?

1. Kamu sering sekali merasa haus

Padahal tidak makan apa- apa, tetapi kamu merasa sering haus dan itu tidak seperti biasanya. Jika dokter menganjurkan minum air 2 liter sehari, kamu bahkan jauh melebihi dari itu.

2. Akibatnya kamu menjadi sering ke kamar kecil, apalagi ketika malam hari

Bukan karena banyak minum saja, tetapi ketika kamu tidur dan tidak minum sama sekali, kamu kerap terbangun ditengah malam dan berulang kali untuk pergi ke kamar mandi sekedar buang air kecil.

 

3. Gampang merasa lelah

Tampaknya tubuh kamu masih kuat, dan masih muda, tetapi yang terjadi kamu begitu mudah lelah.

Baru saja naik 2 tangga, kamu sudah kelelahan. Jangankan naik tangga, berjalan keliling kompleks saja tampaknya lelah dan ingin segera duduk atau tiduran.

4. Kehilangan berat badan padahal nggak diet

Kamu tidak diet sama sekali, porsi makanmu pun tidak berkurang, kamu juga nggak stres atau olahraga. Tapi kok berat badan kamu tiba-tiba kurus atau berkurang ya?

Mungkin ini gejala diabetes, kamu harus cepat-cepat periksa ke dokter untuk diberi resep dan perawatan.

5. Penglihatan kamu kabur

Kamu mulai merasa kabur dalam melihat. Merasa tiba-tiba minus mata kamu turun drastis dalam beberapa bulan, dan itu sangat mengeherankan, sebaiknya periksalah ke dokter untuk memastikan. Ini biasanya dialami oleh orang yang gejala diabetes.

6. Kamu memiliki luka yang tampaknya sulit sembuh bahkan tidak pernah bisa sembuh

Mungkin kakimu gatal dan luka karena sesuatu, entah itu jamur, nyamuk dan lain sebagainya. Sudah melakukan pengobatan, sudah membersihkan luka dan merawatnya, tapi kok nggak sembuh-sembuh ya? Mungkin itu adalah gejala diabetes.

Jika kamu mengalami diabetes, maka secepatnya berobatlah ke dokter. Periksakan dirimu sebelum diabetes sulit diatasi.

Jika tidak begitu parah, bersyukurlah dan bertobatlah dalam menjalani gaya hidupmu. Lakukanlah ini!

1. Makanlah makanan sehat dari sekarang

Jangan malas masak, jangan makan junkfood melulu, ini demi kesehatanmu!

Makanlah makanan yang terbuat dari biji-bijian, lalu makan makanan yang karbohidratnya kompleks, seperti nasi merah, kentang, oatmeal, dan sereal biji-bijian.

2. Olahraga teratur

Nggak harus ke gym kok, olahraga lari-lari komplek juga sudah jago, asal konsisten minimal 3 kali seminggu selama 30-45 menit.

Kalau nggak kuat berlari dan merasa cepat lelah, berjalanlah, atau berenang, atau membersihkan rumah, yang penting tubuhmu aktif bergerak dan menghasilkan keringat.

Nah, itulah yang perlu kamu ketahui soal penyakit mematikan yang satu ini.

Jangan dianggap sepele ya, dan ingat untuk makan segala sesuatu dengan secukupnya demi kesehatanmu.

Kalau kamu sehat maka Tuhan dimuliakan, karena kamu berhasil menjagai ciptaanNya dengan baik. Mulailah terus memuliakan namaNya dan bergerak melayani jiwa dengan tubuhmu yang sehat.

Ingat, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami