Selain Cegah DBD, Serai Juga Punya 7 Manfaat Kesehatan Ini Loh!
Sumber: wagwalking.com

Health / 30 January 2019

Kalangan Sendiri

Selain Cegah DBD, Serai Juga Punya 7 Manfaat Kesehatan Ini Loh!

Lori Official Writer
2761

Baru-baru ini warga kelurahan Marunda, Jakarta Utara menanam lavender dan serai. Bukan tanpa tujuan. Mereka baru tahu kalau rupanya kedua tanaman ini punya khasiat untuk menyembuhkan Demam Berdarah Dengeu (DBD).

Sebagaimana diketahui serai dan lavender adalah dua tanaman yang mengandung senyawa diethylmeta toluamida (DEET) yang tak disukai nyamuk malaria.

Namun selain manfaat itu, terdapat 7 manfaat kesehatan lain dari serai diantaranya:

1. Baik untuk pencernaan

Serai punya energi pendingin yang membantu menenangkan perut dan menjaga fungsi pencernaan tetap terkendali. Kandungan yang disebut citral juga membantu untuk mencerna makanan. Itu sebabnya serai sangat cocok disajikan setelah makan malam.

Bagi pengobatan Cina, serai sering dipakai untuk mengatasi kembung, sembelit atau gangguan pencernaan.

2. Kaya antioksidan

Serai yang dikonsumsi dalam bentuk teh berfungsi sebagai detosifikasi dan pembersihan di dalam tubuh. Seperti mematikan racun dalam tubuh.

3. Menjaga tekanan darah tinggi

Serai adalah formula alami untuk menjaga kadar tekanan darah tinggi. Kandungan kaliumnya meningkatkan produksi urin dalam tubuh, yang dalam fungsinya bisa merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Selain meningkatkan sirkulasi darah, serai juga ampuh membersihkan organ hati dan membatasi penyerapan kolesterol dari usus sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

4. Meningkatkan metabolisme dan membakar lemak

The serai adalah pilihan yang bagus untuk mendukung penurunan berat badan. Serai bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang membuat pencernaan lancar dan membantu membakar lebih banyak kalori.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada 2013 kalau polifel yang ditemukan dalam senyawa tumbuhan alami dan kandungan kafein dalam teh meningkatkan penggunaan energi dan oksidasi asam lemak dalam tubuh.

Baca Juga :

Serai, Pengusir Nyamuk Alami

10 Ayat Alkitab yang Ingatkan Kita Kalau Kesehatan Itu Juga Anugerah yang Harus Dijaga

5. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Serai merupakan tanaman yang mengandung Vitamin A dan C yang tinggi. Nutrisi ini sangat baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Saat tubuh mendapat asupan Vitamin A dan C yang cukup, maka dampaknya akan sangat baik dalam membersihkan kulit, merawat rambut berminyak dan bekerja untuk mengobati masalah kulit seperti jerawat.

6. Menyembuhkan Pilek dan Flu

Serai memiliki sifat antibakteri dan anti jamur yang membantu mengatasi pilek, batuk dan flu. Ditambah dengan kandungan Vitamin C nya yang bermanfaat memperkuat kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu hanya perlu merebus beberapa batang serai segar bersama beberapa cengkeh, sejumput kunyit dan daun teh. Ramuan sederhana ini efektif untuk mencegah lendir dan pembentukan dahak yang disebabkan bakteri.

Selain itu, campuran serai, daun tulsi dan kapulaga yang panas juga bisa sebagai obat flu.

7. Meredakan nyeri haid

Teh serai dianggap sangat baik bagi kesehatan wanita. Serai bisa jadi obat untuk mengurangi nyeri haid karena efeknya yang menenangkan.

Selain itu, serai juga dikenal bisa menurunkan kadar gula darah. Karena itu, penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat ini.

Sementara untuk wanita hamil atau menyusui sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi serai karena cara kerja senyawa kimia di dalamnya.

Ada banyak manfaat serai yang bisa kita ketahui. Dan semoga tanaman yang satu ini bisa jadi alternatif pengobatan alami untuk masalah kesehatanmu.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami