Susah Tidur Bikin Hidupmu Kacau? Coba Dengar Jenis Musik Ini
Sumber: news.sabay.com.kh

Health / 11 January 2019

Kalangan Sendiri

Susah Tidur Bikin Hidupmu Kacau? Coba Dengar Jenis Musik Ini

Lori Official Writer
2747

Coba lihat kalau orang yang sangat bergantung pada musik tak akan pernah bisa memisahkan diri dari keagiatan mendengar musik. Entah mau pergi ke mal atau jalan-jalan mereka gak bakal pernah melewatkannya tanpa earphone di telinga mereka.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mendengar musik punya banyak manfaat. Salah satunya, bisa melatih kita lebih efesien, meningkatkan produktivitas, mengurangi tingkat kecemasan dan bahkan membantu dalam manajemen rasa nyeri. Jadi gak heran kalau banyak orang melakukan terapi musik untuk mencegah insomnia.

Di Amerika Serikat, diperkirakan sekitar 50-70 juta orang dewasa terserang insomnia. Seiring waktu, kurang tidur telah dikaitkan dengan penambahan berat badan, daya ingat yang buruk, peningkatan risiko cedera dan sebagainya.

Dalam sebuah survey yang baru diterbitkan, ditemukan bahwa lebih dari 600 peserta hampir semuanya mengaku menggunakan musik sebagai alat pembantu tidur mereka. Kebanyakan lagu yang dianggap asyik didengar saat tidur adalah lagu dari penyanyi Johann Sebastian Bach. Kemudian ada Ed Sheeran, Wolfgang Amadeus Mozart, Brian Eno, Coldplay dan Frederic Chopin.

Genre musik klasik menjadi jenis musik penghantar tidur yang dianggap paling cocok untuk didengar saat tidur.

Baca Juga :

Musik Hymne Bisa Sembuhkan Stroke Loh, Berikut Cara Kerjanya…

Udah Hamil Tua, Meghan Markle Inspirasi Suami Resolusi Sehat Tahun 2019

Karena itulah Sleep Foundation, sebuah lembaga penelitian yang bekerja untuk mengatasi masalah tidur menganjurkan mendengar lagu untuk membuat pikiran mereka rileks.

Hal ini terjadi karena melodi dan lirik lagu membuat pikiran nyaman. Sebaliknya, mendengarkan lagu baru dan menyimak kata-katanya yang terbilang baru di telingamu hanya akan menghabiskan terlalu banyak energi otak dan justru hanya membuatmu terjaga.

Apa jenis lagu yang memang bagus untuk didengar saat tidur? Lyz Cooper dari British Academy of Sound Therapy merekomendasikan untuk memilih lagu yang punya 60 ketukan per menit atau kurang. Lagu-lagu yang terdengar dan nada yang rendah. santai, punya pengulangan irama, frasa musik, tempo lambat.

Selain itu, jenis musik yang mengandung makna positif juga bisa memberi manfaat bagi kondisi psikologis dimana kita bisa merasa seperti berada dalam situasi yang menyenangkan.

Apakah kamu salah satu orang yang sedang mengalami susah tidur? Bisa karena kebiasaan atau karena masalah yang sedang kalian hadapi. Jangan pernah menyerah, kalau memang perlu bantuan kalian bisa menghubungi Sabahat24, sekarang juga di SMS WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DI SINI.

Sumber : Medicaldaily.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami