Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
436


Di tahun yang baru ini, banyak orang menempatkan kesehatan sebagai salah satu resolusinya. Kesehatan sangat erat dengan pola hidup. Karenanya, banyak orang yang memilih untuk menjaga kesehatan dan menjadi bugar dengan pola makan dan olahraga.

Kita sering lupa kalau waktu kerja yang padat sering membuat kita terjaga sepanjang malam. Selain kedua hal di atas, satu hal lain yang sama pentingnya adalah dengan menjaga pola istirahat kita. Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam setiap malamnya. Tidak hanya membuat tubuh semakin sehat, pola tidur teratur dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Salah satu prinsip tidur yang bisa kita lakukan disebut sebagai sleep hygiene. Yuk kita ulik caranya berikut ini.

1. Tidak mengonsumsi kafein sore hari

Buat kita, jam sore adalah jam rawan ngantuk. Nggak heran kalau kita sering mengganjal mata dengan mengonsumsi kafein berupa kopi atau teh. Sekali dua kali, hal ini boleh dilakukan, tetapi kalau sudah terlalu sering, bisa-bisa pola tidur kita menjadi tidak teratur.

2. Tidak makan besar di dekat waktu tidur

Makanan besar disini berupa makanan berat yang mengandung banyak karbohidrat, lemak, atau gorengan. Makanan pedas atau minuman berkarbonasi juga dapat membuat pencernaan kita terganggu, sehingga memicu tidur yang kurang nyenyak.

3. Tidak tidur siang terlalu lama

Tidur siang sangat baik untuk tubuh kalau dilakukan selama waktu yang tepat. Ketika sudah lelah, ambillah waktu untuk tidur selama 13 sampai 30 menit saja. Baiknya, tidur siang dilakukan sebelum jam 3 sore.

Baca juga: Gawat, Sering Dianggap Sakit Kepala Biasa, Nyatanya 7 Hal Ini Buktikan Kamu Kena Migrain

4. Jauhkan tubuh dari benda yang mengganggu tidur

Sebelum tidur, pasti setiap kita akan terdistraksi oleh banyak hal. Salah satunya adalah karena gawai. Singkirkan gawai, laptop, atau benda elektronik lainnya yang bisa mengganggu jam tidur kita. Setiap sebelum tidur, biasakan untuk tidur dalam kondisi lampu yang mati.

5. Tidur dan bangun di waktu yang sama

Buku Psycho Cybernetics oleh Maxwell Maltz menuliskan kalau setidaknya seseorang membutuhkan waktu selama 21 hari untuk akhirnya menjadi terbiasa. Meskipun lamanya masing-masing, tetapi setidaknya kita harus mulai membiasakan diri dengan waktu tidur yang sama setiap harinya.

Selain 5 hal di atas, hal lain yang perlu kita ingatkan pada diri sendiri adalah bahwa tidak seharusnya pekerjaan menjadi sesuatu yang kita dewakan. Pahamilah kalau tubuh juga perlu istirahat. Sadari kalau kita perlu berhenti sejenak untuk akhirnya melakukan sebuah pekerjaan.

Tuhan memang mau setiap kita untuk bekerja dengan keras, tetapi tidak berarti kita melupakan kesehatan karenanya. Pada Kejadian, kita mendapati kisah tentang Allah yang membebaskan umat pilihanNya, Israel untuk lepas dari perbudakan.

Kita harus menyadari kalau Tuhan yang sama juga telah membebaskan kita dari perbudakan mana pun. Dengan menyadari hal ini, mari ubah cara kita bekerja, bahwa Tuhan tidak mau umatNya diperbudak oleh apa pun, termasuk oleh pekerjaan.

 

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Arfan Saputra 15 October 2019 - 19:43:11

Apa dampak positif dan negatif si penyelamat jalan

0 Answer

Erick Amleni 14 October 2019 - 19:39:37

Yesaya Yeremia

0 Answer

Sarah Pillay 14 October 2019 - 19:37:17

The pilgrim’s progress

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 2


7268

Banner Mitra Oktober Week 2