10 Alasan Ini Bikin Banyak Orang Gak Siap Nikah Muda, Kamu Pasti Ngalamin Juga (Part 2)
Sumber: NaijaPr.com

Single / 14 December 2018

Kalangan Sendiri

10 Alasan Ini Bikin Banyak Orang Gak Siap Nikah Muda, Kamu Pasti Ngalamin Juga (Part 2)

Lori Official Writer
2576

Di artikel sebelumnya, kita dibeberkan beberapa alasan kenapa anak muda berusia 25 ke bawah masih belum kepikiran untuk menikah. Bukan hanya itu saja, beberapa alasan lain juga bisa mempengaruhi seseorang memilih menikah dini. Apa saja itu? Yuk monggo dibaca.

6. Trauma dengan kasus perceraian yang marak terjadi

Bagaimanapun lingkungan berdampak besar bagi kehidupan orang lain. Misalnya, maraknya perceraian pasangan menikah membuat anak muda enggan menikah dini. Perceraian tentu saja hal yang sangat menyakitkan, sehingga mereka tak mau kalau pernikahan yang terburu-buru hanya akan berakhir tragis.

7. Belum siap menyandang tanggung jawab baru

Menjadi istri/suami dan ibu/ayah adalah tanggung jawab baru yang akan dialami oleh pasangan menikah. Jadi saat dua orang sudah memutuskan menikah, berarti mereka siap untuk menyandang status baru. Hal sebaliknya dialami oleh mereka yang belum siap menikah.

8. Gak dapat ijin dari keluarga dan orang terdekat

Keluarga dan teman, misalnya, adalah orang-orang yang berperan penting untuk membentuk prinsip seseorang. Misalnya, orangtua gak mengijinkan anaknya nikah muda. Atau teman-teman memberi pandangan soal apa itu nikah muda dan apa konsekuensinya, sehingga dengan hal itu seseorang akan mulai enggan menikah di usia muda.

Baca Juga :

Pengen Nikah Muda, Justin Bieber dan Hailey Baldwin Inginkan Pernikahan Digelar Sederhana

Didesak Nikah Muda? Berikut Pandangan Kristen Soal Kapan Menikah yang Tepat

9. Gak percaya diri akan bisa jadi pasangan dan orangtua

Bayangkan di usiamu yang masih 20-an tahun, kamu menikah dan punya anak. Saat teman-temanmu masih punya menikmati kebebasan mereka, kamu sudah dipanggil ‘mama’ atau ‘papa’. Kamu bahkan gak bisa membayangkan apa kamu bisa melakoni peran baru itu dengan baik seumur hidupmu.

10. Pola pikirnya belum dewasa

Kedewasaan memang gak ditentukan oleh usia. Ada saja orang yang sudah dewasa sebelum umurnya karena mereka sudah lebih dulu merasakan pengalaman-pengalaman keras di dalam keluarga. Tapi bagi masyarakat kita, usia 20-an adalah usia dimana seseorang masih dianggap belum matang dalam hal pemikiran. Karena itulah mereka masih belum bisa berpikir dengan pola pikir yang bijak dan dewasa. Hal inilah yang membuat mereka berusia 20-an memilih untuk menikmati proses pertumbuhan mereka sendiri tanpa ikatan apa-apa.

Mungkin kamu adalah salah satu yang mengalami hal ini. Kamu masih takut menikah, takut berkomitmen dan takut salah mengambil pilihan terlalu dini. Wajar saja kalau kamu mengalaminya. Tetaplah berdoa dan mempersiapkan diri. Kalau memang kamu sudah menjalin hubungan dengan seseorang yang tampaknya serius denganmu, setidaknya menikah di usia 24-25 tahun pun sudah cukup pas.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami