Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
471


Sebagai orang percaya, salah satu tujuan yang menarik saat berjalan-jalan adalah dengan mengunjungi gereja-gereja yang terbilang unik. Gereja tua dengan bangunan yang kokoh dan khas masa kolonial bisa menjadi salah satu tempat yang bisa kita kunjungi.

Di bawah ini, ada 6 gereja tertua yang di Indonesia yang bisa kita kunjungi saat berkunjung ke kotanya, lho. Simak, yuk!

1.  Gereja Tugu, Jakarta

Selain Belanda dan Jepang, bangsa Portugis juga sempat menorehkan sejarah di kota yang dikenal sebagai kota Batavia ini. Peninggalan bangsa Portugis ini salah satunya adalah Gereja Tugu yang terletak di Jakarta Utara.

Dulu, nama gereja ini adalah Gereja Salib Putih. Berdasarkan sejarah, gereja ini berdiri sekitar tahun 1676-1678. Meski dari luar terlihat sangat sederhana, dalam gereja ini berisi bangku-bangku diakon yang antik, piring-piring logam, dan mimbar yang terbilang tua.

2.  Gereja Sion, Jakarta

Bangunan Gereja Sion ini sangat kental dengan arsitektur gaya Eropa. Kita bisa menikmati wisata religi sekaligus sejarah ini saat berkunjung ke Jalan Pangeran Jayakarta dan Mangga Dua Raya. Gereja yang selesai dibangun pad atahun 1695 ini masih berdiri kokoh dan masih berfungsi dengan normal. Gereja ini juga dikenal dengan sebutan Portugeesche Buitenkerk atau Gereja Portugis.

3.  Gereja Blenduk, Semarang

Gereja yang dibangun oleh masyarakat Belanda pada tahun 1753 ini merupakan gereja tertua di Jawa Tengah. Dengan bentuk heksagonal atau persegi delapan, arsitektur di dalamnya dibuat berdasarkan salib yunani. Nama Blenduk sendiri merupakan julukan dari masyarakat yang berarti kubah. Sampai sekarang, Gereja Blenduk masih digunakan untuk beribadah.

4.  GPIB Immanuel, Malang

Gereja yang terletak di perempatan alun-alun utara Kota Malang ini merupakan salah satu cagar budaya. GPIB Immanuel Malang diresmikan dengan nama Protestanche Gemente te Malang pada tanggal 30 Juli 1861. Ketika masuk dalam gereja, kita akan disuguhkan dengan dekorasi interior yang masih sangat khas tempo dulu, ditambah lagi adanya dua Alkitab yang telah berusia hampir 400 tahun.

5. Gereja Katedral, Ujung Pandang

Punya nama resmi Gereja Hati Yesus Yang Mahakudus, gereja ini merupakan gereja yang paling tua di kota Makassar dan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan dan tenggara. Kalau ingin berkunjung ke sini, kita juga bisa sekaligus melaksanakan misa mingguan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu.

6.  Gereja Katedral, Jakarta

De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming atau Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga diresmikan pada 1901 dengan gaya arsitektur neo-gotik khas Eropa. Gedung gereja yang bisa kita lihat ini sebenarnya bukanlah gedung gereja yang asli. Sebab pada 27 Juli 1826, terjadi sebuah kebakaran yang mengakibatkan 180 rumah termasuk gereja ini ikut terbakar.

Menarik, ya? Jadi, mana nih yang perlu kita kunjungi pertama?

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Arfan Saputra 15 October 2019 - 19:43:11

Apa dampak positif dan negatif si penyelamat jalan

0 Answer

Erick Amleni 14 October 2019 - 19:39:37

Yesaya Yeremia

0 Answer

Sarah Pillay 14 October 2019 - 19:37:17

The pilgrim’s progress

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 2


7268

Banner Mitra Oktober Week 2