Tetap Aman Berpuasa Meski Hamil Dengan Cara Ini!
Sumber: www.merdeka.com

Health / 28 November 2018

Kalangan Sendiri

Tetap Aman Berpuasa Meski Hamil Dengan Cara Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
1849

Emang sih nggak diwajibkan harus ikutan puasa, tapi kadang ada saja ibu-ibu hamil yang tetap ingin puasa mengenai sebuah pergumulan. Mungkin puasa untuk kesembuhan suami, puasa untuk menentukan sebuah keputusan, dan lain sebagainya.

Sebagai orang dekat atau saudaranya, kita nggak bisa memaksa bahwa dia nggak boleh berpuasa.

Memang sih sedikit mengerikan buat si bayi jika sampai terjadi apa-apa ketika si ibu sedang berpuasa. Tapi jangan kuatir,  mereka tetap nggak masalah jika berpuasa kok.

Asal kamu memenuhi beberapa syarat dibawah ini biar tubuh tetap bugar saat berpuasa.

1. Jangan lupa penuhi kalori kamu sesuai usia kehamilan

Pergi deh ke dokter, lalu berkonsultasi soal ini. Biasanya sih untuk ibu hamil di trismester pertama dibutuhkan kalori 1800 kaloti, 2.200 kalori untuk trismeter kedua dan 2.400 kalori untuk ketiga. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya konsultasi ke dokter dulu ya.

Setelah itu, mulai deh untuk memenuhi nutrisi tersebut dengan mengkomsumsi karbohidrat, protein dan air putih ketika berbuka puasa.

2. Bila perlu, komsumsi suplemen kesehatan

Ibu hamil itu memerlukan asupan asam folat, zat besi dan kalsium yang memadai.

Zat besi bisa kamu dapatkan dari daging-dagingan, asam folat berasal dari sayuran hijau yang nantinya bisa membantu janji tumbuh cacat, sementara kalsium nggak cuma berasal dari susu, tapi juga ikan salmon dan juga sarden.

 

Jika perlu kamu juga bisa mengkomsumsi suplemen kesehatan dari dokter. Minumlah suplemen yang bisa memelihara daya tahan tubuh kamu untuk tetap kuat selama menjalani puasa.

3. Lindungi diri kamu dari panasnya sinar matahari ya

Cuaca yang panas dapat membuat cairan tubuh cepat terkuras. Di samping memenuhi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka, usahakan agar kamu melindungi diri dari bahaya sinar matahari saat beraktivitas di luar rumah. Tak perlu sungkan memakai payung saat keluar rumah. Namun, lebih baik jika kamu mampu membatasi aktivitas di luar ruangan saat cuaca terik sedang berada pada puncaknya.

Jadi itulah tips puasa bagi ibu hamil. Puasa adalah hal yang baik untuk kita lakukan sebagai orang Kristen. Tetaplah bertumbuh serta haus dan lapar akan kebenaran firman Tuhan ya. Semangat ya mom!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami