Teruntuk Anak Rantau, Tanyakan 3 Hal Ini Sebelum Gabung Gereja Lokal Di Perantauanmu Ya!

Single / 14 November 2018

Kalangan Sendiri

Teruntuk Anak Rantau, Tanyakan 3 Hal Ini Sebelum Gabung Gereja Lokal Di Perantauanmu Ya!

Naomii Simbolon Official Writer
3204

Memilih sebuah gereja bisa menjadi sebuah keputusan yang menantang. Dalam masyarakat saat ini, ada begitu banyak gereja, dengan denominasi bahkan sistem kepercayaan yang berbeda-beda, hal itu membuat kita harus hati-hati dan bijak dalam memilih gereja. Sebab gereja dan lingkungan komunitas kita akan mempengaruhi pertumbuhan kita secara rohani.

Khususnya buat anak-anak yang sedang merantau ke sebuah kota yang baru. Memilih-milih gereja lokal adalah hal yang wajar terjadi. Demi pertumbuhanmu, kamu emang harus memilih.

Nah dibawah ini ada beberapa pertanyaan penting yang harus kamu tanyakan pada dirimu sebelum kamu bergabung ke sebuah gereja lokal di perantauan:

Pertama apakah gereja itu mengajarkan mengenai Alkitab secara akurat?

Yap ada begitu banyak gereja yang hari-hari ini nggak bergerak atau mengajarkan mengenai kebenaran firman Allah secara akurat dan benar.

2 Timotius 2:15 mengatakan:"Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu."

Jadi kita harus memastikan dan bertanya kepada diri sendiri :

1 Apakah firman itu di bagikan dengan benar?

2 Apakah ayat-ayat Alkitab digunakan dalam konteks yang tepat?

3 Adakah keyakinan yang diajarkan malah bertentangan dengan kitab suci?

Pertanyaan-pertanyaan sederhana ini akan memberikan kita keyakinan bahwa gereja bisa menjadi tempat pertumbuhan rohani yang sejati.

Kedua apakah gereja tersebut memiliki kepemimpinan yang terlatih dengan baik?

Kita harus bertanya dan melihat sendiri apakah pemimpin di gereja kamu tersebut bisa ditiru dan menjalankan kepemimpinan seperti yang ditulis di Ibrani 13:7: "Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka."

Meskipun sebenarnya nggak ada pemimpin yang sempurna, tapi kamu harus melihat apakah mereka  yang memimpin membawa kamu ke arah Kristus, serta apakah perkataan dan tindakan mereka sama?

Ketiga apakah gereja itu penuh kekeluargaan atau terlalu independen?

Kita semua bisa melihat bagaimana gereja berperan dengan baik. Dari cara penyambutannya pada jiwa baru, ramah tamahnya dan lain sebagainya.

Kamu harus berhati-hati dan pintar melihat ini juga. Ada begitu banyak gereja yang menggambarkan bangunan hanya untuk tempat pertemuan saja, tidak ada persekutuan, ketulusan dan kekeluargaan dimana saling menyatu dan membantu satu sama lain dalam kasih.

Nah itulah 3 pertanyaan yang bisa kamu tanyakan kepada dirimu sebelum kamu serius pindah ke sebuah gereja atau bergabung dengan sebuah gereja lokal ya.

Untuk pertumbuhanmu dengan Kristus, tidak masalah kamu memilih. Asal memilih dalam kebenaran.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami