4 Kunci Sukses Orang Tua dalam Mendidik Anak! Jangan Sampai Gagal Jadi Orang Tua ya!
Sumber: http://catholicphilly.com/media-files/20

Parenting / 19 October 2018

Kalangan Sendiri

4 Kunci Sukses Orang Tua dalam Mendidik Anak! Jangan Sampai Gagal Jadi Orang Tua ya!

Naomii Simbolon Official Writer
2785

Hai orang tua, ketahuilah bahwa anak tidak akan pernah besar begitu saja dengan pengetahuan yang baik dan bersikap baik.

Anak tidak akan hidup dengan benar jika orang tua mereka sendiri nggak benar dan berjalan dengan kehendak Kristus.

Orang tua sangat memegang peranan penting dalam pertumbuha anak ke depan.

Pernah melihat sebuah kehidupan keluarga, di mana anaknya menikah dan penuh dengan utang, bahkan hidup dengan gaya yang tidak benar, dan lain sebagainya?

Yap, saya pernah melihat hal itu. Ternyata, apa yang saya lihat adalah orang tuanya sendiri sudah suka berhutang sejak mereka kecil, dan memiliki gaya hidup yang tak benar pula.

Benar kata sebuah perumpaan bahwa buah tak pernah jatuh jauh dari pohonnya, artinya sikap kita, dan cara hidup kita mempengaruhi kehidupan anak-anak kita ke depan.

Saya mau kita belajar sesuatu hari ini. Persiapkanlah dirimu dan anak-anakmu sejak sekarang. Ajarlah mereka pada masa muda mereka, seperti yang dikatakan di Amsal 2:6:  "Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu."

1. Ajarlah mereka bagaimana cara mengelola uang, menabung dan berinvestasi dengan uang mereka sendiri sejak dini

Seperti yang saya sudah katakan bahwa jangan sampai anak kita hidup dan menikah sampai masa tuanya penuh dengan utang. Itu menyedihkan sekali!

Nah, supaya hal itu tidak terjadi maka ajarilah mereka sejak sekarang.

Ajari mereka untuk merencanakan masa depan mereka.

Mulai sejak dini, seperti gimana mengelola uang jajan mereka dan lain sebagainya.

2. Ajarlah mereka untuk terus berani dan menyuarakan suara hati mereka. Lalu dengarkan!

Pujilah mereka dan bangkitkan percaya diri mereka untuk berdiri dengan berani.

Doronglah mereka untuk mengejar mimpi mereka dengan api dan semangat sampai mereka berhasil menolak tuduhan atau intimidasi bahwa mereka tak bisa sukses.

Doronglah mereka untuk bertanya dan membagikan ide mereka, mimpi mereka kepada kamu agar kamu tahu apa yang akan kamu lakukan bagi mereka dan mimpi mereka.

Jika mereka terus bersemangat dalam mimpi mereka dan mencapainya, tentulah mereka akan sukses dan saya percaya akan di berkati.

Jangan lupa ajar mereka berdoa juga atas mimpi mereka itu ya!

3. Ajarilah mereka bagaimana merawat keluarga atau saudara mereka

Nah untuk hal ini, kamu nggak perlu berkotbah atau bicara dengan panjang sekali. Cukup tunjukkan tindakanmu dalam merawat dan menjaga keluargamu.

Tunjukkan kepada mereka gimana cara mendukung keluarga mereka, membantu keluarga mereka ketika butuh, bagaimana memprioritaskan waktu kita untuk mereka dan lain sebagainya.

4. Ajarlah mereka bagimana menjadi seorang pelayan

Yap, beritahu anak-anakmu bahwa hidup ini bukan miliknya atau milik keluargamu, tetapi kita diciptakan oleh kasih dan untuk membagikan kasih kepada orang lain.

Ajarlah anak-anakmu untuk membantu orang yang sedang kesulitan, menjadi relawan untuk menolong orang lain dan lain sebagainya. Ajarlah mereka arti sebuah belas kasihan, tolong menolong dan saling mengasihi satu sama lain tanpa dibedakan agama, suku dan ras.

Orang tua yang sukses itu adalah orang tua  yang terus berdiri mengajar anak-anaknya menjadi sosok yang terbaik sesuai firman Allah. Jangan menjadi orang tua yang gagal dan menyesal di kemudian hari ya! Berdoa dan tuntunlah mereka terus dalam caraNya. 

Sumber : berbagai sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami