3 Hal Penting Yang Anak Ingin Pelajari Dari Kamu, Sebagai Orang Tua Kristen!

Parenting / 18 October 2018

Kalangan Sendiri

3 Hal Penting Yang Anak Ingin Pelajari Dari Kamu, Sebagai Orang Tua Kristen!

Naomii Simbolon Official Writer
2536

Salah satu hal yang patut kita syukuri adalah memiliki ibu yang merawat dan membesarkan kita.

Mungkin beberapa dari kita tidak merasakan kasih sayang sepenuhnya dari ibu, tetapi kita masih tetap bisa belajar bagaimana menjadi ibu melalui kehidupan orang lain, bahkan dari hidup kita saat ini ketika memiliki anak.

Menjadi ibu itu memang tidak mudah, tetapi menjadi ibu itu adalah hal yang patut disyukuri, sebab Allah mempercayakan kita untuk merawat dan membesarkan hadiah atau ciptaanNya yang paling sempurna.

Nah, sebagai ibu, inilah beberapa hal yang harus kita beritahu dan lakukan dalam hidup kita agar anak bisa belajar suatu hari nanti ketika mereka sudah besar :

1. Tunjukkan kepada mereka bagaimana cara berdoa, percaya kepada Tuhan dan mengembangkan kehidupan kerohanian mereka

Tentu saja tidak seorang pun yang mau anaknya besar tanpa pengenalan akan Tuhan.

Beberapa dari kamu mungkin sudah pernah merasakan bagaimana hidup tanpa pengenalan akan Tuhan sampai akhirnya bertobat. Dan itu benar-benar nggak enak!

So, mulai dari sekarang, tunjukkanlah kepada anakmu bagaimana cara berdoa, perkenalkan mereka kepada Tuhan dan bimbinglah mereka sejak dini.

Pastikan kamu memiliki landasan spiritual atau iman yang kuat untuk menuntun mereka ya!

2. Tunjukkan kepada mereka bagaimana mencintai dirinya sendiri

 

Kita harus mengingatkan anak-anak kita bahwa tubuh mereka adalah bait suci Allah.

Begitu banyak anak muda saat ini tak lagi menghargai dan mencintai diri mereka. Mereka terbuai dengan cinta dan rayuan yang membuat mereka menyerahkan diri mereka dalam pergaulan yang buruk dan merusak diri sendiri.

Beritahu bahwa mereka ciptaan Tuhan yang sangat berharga, juga ajarlah mereka mencintai diri mereka dengan olahraga, mandi teratur, membersihkan tangan, merawat rambut mereka, merawat kulit mereka dan setiap detail hidup mereka.

Sebab demikianlah mereka menjagai tubuh mereka tetap sehat, dan bersih.

Dengan memberitahu kepada mereka siapa mereka dan apa yang mereka bawa ke dunia ini, maka mereka akan mempersiapkan diri mereka untuk dunia ini demi Tuhan. Ingat, sebagai orang tua, kamu sudah terlebih dulu memberi contoh ya!

3. Beri tahu mereka bagaimana memperlakukan orang lain

Kita semua tahu bagaimana dunia sekarang ini penuh dengan kesensitifan dan hukumnya bagaimana.

So, ajarilah mereka untuk memperlakukan orang lain dengan baik.

Pelajaran ini nggak harus dikotbahkan melulu ke anak-anak kok, cukup tunjukkan kepada mereka gimana caranya kita memperlakukan orang.

Ajari mereka gimana itu bersikap baik, jujur dan menepati janji. Bagaimana mengampuni, minta maaf dan menghargai orang lain. Tunjukkan maka mereka akan meniru!

Nah itulah 3 hal yang kamu harus tahu sebagai orang tua. Ajarkan mereka sejak dari sekarang ya! Biarlah mereka bertumbuh menjadi anak-anak muda yang berpengaruh dan penuh kasih ke depan. Berkati mereka dan doakan terus mereka! Diberkatilah engkau dan seisi rumahmu.

Sumber : berbagai sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami