Dear Worship Leader, Saat Kondisi Tubuh Kurang Bugar, 7 Cara Ini Jaga Suara Berkualitas
Sumber: jawaban.com

Health / 27 August 2023

Kalangan Sendiri

Dear Worship Leader, Saat Kondisi Tubuh Kurang Bugar, 7 Cara Ini Jaga Suara Berkualitas

Inta Official Writer
3788

Bagi seorang penyanyi, seperti song leader atau worship leader, suara adalah segalanya. Ketika tubuh kurang fit, otomatis suara juga jadi ikut berpengaruh. Bahkan, nggak cuma bernyanyi, saat suara hilang, kita juga jadi nggak nyaman saat bicara. Sejak kecil, kita sudah terbiasa untuk mengungkapkan ekspresi melalui suara.

Bagi sebagian orang, suara adalah segalanya. Khususnya buat kita yang berprofesi sebagai guru, dosen, MC, penyanyi, dan pekerjaan yang mengandalkan suara lainnya. Tanpa disadari, kita sering melakukan kebiasaan yang bisa membahayakan organ suara kita.

Untuk itu, yuk jaga kualitas suara, terlebih kalau kita bekerja dengan mengandalkan suara seperti MC atau penyanyi lewat beberapa cara di bawah ini.

1. Biasakan untuk penuhi kebutuhan cairan kita

Ada baiknya kalau kita meneguk air putih setiap harinya. Selain sehat, air bisa membuat vokal suara yang bergetar sangat cepat jadi tetap berpelumas. Selain lewat air putih, kita juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, apel, pir atau melon.

 

Baca Juga: Jadi Kombinasi Nikmat, 4 Makanan Dan Minuman Ini Nyatanya Nggak Berjodoh Buat Kesehatanmu

 

2. Istirahatkan suara

Ketika tubuh kurang fit, otomatis suara juga jadi ikut terpengaruh. Saat kita punya kewajiban yang berkaitan dengan suara seperti menyanyi, misalnya, ada baiknya kita mengambil waktu untuk tidak banyak mengeluarkan suara. Dengan demikian, pita suara kita bisa beristirahat sejenak.

3. Jaga volume suara

Berteriak atau menjerit sering membuat tenggorokan mudah kering dan suara serak. Ada baiknya kita tidak bersuara dengan kencang di lingkungan yang bising. Ketika suara mulai serak, itu artinya pita suara kita mengalami iritasi. Jadi, turunkan volume suara saat tenggorokan sudah mulai kurang nyaman, ya.

4. Hindari berdeham

Ketika suara serak, kita cenderung pengin membersihkan tenggorokan dengan cara mengeluarkan dahak. Padahal, tindakan mengeluarkan dahak yang terlalu sering bisa membuat suara makin terdengar parau. Untuk meredakannya, cobalah untuk meminum air hangat (tidak panas) atau menghirup uap air panas.

5. Menjaga otot leher jadi lebih rileks

Dalam salah satu ajang pencarian bakat, seorang juri mengomentari seorang penyanyi yang punya kebiasaan menarik lehernya ke atas. Biasakan untuk memperhatikan teknik bernyanyi kita. Salah satu caranya adalah saat penyanyi memilih untuk menunduk saat mereka mengambil nada tinggi.

6. Minum air hangat yang dicampur dengan madu

Kalau kita hendak mengeluarkan suara tanpa henti selama tiga puluh menit ke depan, jagalah kualitas suara dengan meminum air hangat yang telah dicampur madu. Cara ini bisa membuat tenggorokan jadi lebih lega dan nyaman.

 

Baca Juga: 7 Hal Penting yang Perlu Dimiliki Seorang Worship Leader Ala Sari Simorangkir

 

7. Turunkan tingkat stres kita

Tentu saja stres juga ikut berpengaruh pada kualitas suara kita. Ketika kita terlalu lelah, atau merasa gelisah, suara jadi kehilangan kondisi normalnya. Kita harus bisa mengelola stres, misalnya dengan menarik nafas dalam-dalam, rajin berolahraga, dan cara lain yang bisa digunakan untuk mengurangi stres.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami