Alergi Bulu Kucing Bisa Berakibat Parah. 3 Bahan Alami Ini Justru Menyelamatkan!

Health / 20 August 2018

Kalangan Sendiri

Alergi Bulu Kucing Bisa Berakibat Parah. 3 Bahan Alami Ini Justru Menyelamatkan!

Naomii Simbolon Official Writer
13224

Banyak orang yang memelihara kucing di rumahnya. Namun tidak banyak yang tahu bahwa ternyata bulu kucing bisa mengakibatkan alergi . Beberapa orang yang mengidap gejala alergi seringkali lebih memilih menahan sakitnya dari pada menyingkirkan hewan peliharaannya. Entah karena tidak tahu atau memang tidak ingin menyingkirkan hewan peliharaannya tersebut.

Tanda-tanda umum alergi kucing biasanya terlihat ketika kita sudah bersentuhan dengan bulu si kucing, air liur atau air kencingnya. Alergi kucing 90 persen bereaksi dari air liurnya dan juga kulit atau bulu kucing. Nah, alergen atau alergi dari kucing tersebut bisa menyebabkan pembengkakan dan gatal pada selaput di sekitar mata dan hidung kamu, biasanya akan menyebabkan radang mata dan hidung tersumbat.

Beberapa orang mungkin mengalami ruam di wajah dan leher atau dada bagian atas.

Nggak cuma itu, jika tidak diobati maka seseorang bisa mengalami kelelahan dengan cepat dan batuk berkelanjutan karena postnasal drip.

Jika kamu alergi kucing dan itu masuk ke paru-paru kamu, maka itu bisa menyerang antibodi dan menyebabkan gejala seperti sulit bernapas, batuk dan mengigil. Bahkan bisa mengakibatkan serangan asma akut dan pemicu asma kronis.

Sekitar 30% orang yang sakit asma akan semakin parah saat bersentuhan dengan kucing. Kamu harus menemui dokter segera ketika kamu mengalami gejala di atas dan benar-benar membuatmu nggak nyaman.

Untuk mendiagnosis alergi ini kamu bisa melakukan dua cara, yaitu tes kulit dan tes darah.

Segera hubungi dokter dan lakukan pemeriksaan ini.

Jika tidak kamu juga bisa meredakan alergimu dengan cara alami seperti yang dikutip dari Amaze.com berikut :

1. Perasan buah lemon

Tahu buah lemon kan? Nah kamu bisa memotong buah lemon separuh lalu peras dan campur dengan air hangat dan minumlah pas perut kamu masih kosong. Perasan buah lemon ini berfungsi sebagai pembersih, membilas segala racun serta penyebab alergi kucing supaya keluar dari perut.

2. Minyak kayu putih atau disebut dengan Eucalyptus

Tahu kan produk yang satu ini? Kamu bisa menemui ini dengan mudah di warung terdekat di rumah kamu.

Nah, minyak kayu putih ini ampuh banget meredakan hidung kamu yang tersumbat dan menghilangkan lendir. Kayu putih sangat efektif meredakan gejala yang menyertai alergi bulu kucing.

3. Cuka apel

Cuka apel merupakan substansi yang kaya banget akan vitamin, magnesium, kalsium dan kalium

Cuka apel berperan untuk menghilangkan gejalan lain yang berkaitan dengan alergi serta meredakannya.

Nggak cuma itu, cuka apel juga bagus banget meringankan sakit tenggorokan, dan menyembuhkan masuk angin.

Jika kamu adalah orangtua dan memiliki anak, sebuah studi pada tahun 2017 yang di kutip dari Healthline menyatakan bahwa ternyata mendekatkan atau mengekspos bayi ke kucing atau anjing di masa kecilnya, menurunkan kemungkinan anak mengalami alergi di masa depannya dibanding dengan yang tidak. Mungkin, inilah beberapa alasan mengapa masyarakat Eropa melakukan ini sejak bayi mereka kecil.

Mungkin kamu bisa mencobanya dari sekarang! Tapi jika kamu sudah tahu bahwa kamu alergi dengan bulu kucing, segera singkirkan kucing dari rumahmu dan pastikan konsultasi ke dokter untuk mengobati alergimu!

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami