Dapatkan Semangat Baru Di Pagi Hari Dengan Melakukan 3 Hal Ini Sebelum Tidur
Sumber: www.mnn.com

Health / 23 July 2018

Kalangan Sendiri

Dapatkan Semangat Baru Di Pagi Hari Dengan Melakukan 3 Hal Ini Sebelum Tidur

Naomii Simbolon Official Writer
2483

Ibarat makanan pokok, tidur adalah salah satu makanan pokok untuk bikin tubuh kita berenergi dan sehat.

Jika hari ini kamu bekerja, dan melakukan aktivitas seperti biasa, lalu kamu nggak tidur, maka yang terjadi, tubuhmu akan lelah dan tak bersemangat. Nggak cuma itu, hal buruk seperti sakit bisa terjadi!

Nah, itu sebabnya kita dianjurkan untuk tidur 8 jam dalam sehari, supaya kita mendapat tidur yang cukup, dan tubuh menjadi segar di pagi hari.

Namun sayangnya beberapa masalah sering sekali terjadi meskipun tidur sudah 8 jam sehari.

Siapa di antara kamu yang pernah merasa lelah bangun tidur di pagi hari?

Yap, ada banyak alasan yang membuat hal itu terjadi, salah satunya karena kita sering terbangun di tengah malam, mungkin karena gelisah atau stres dan lain sebagainya.

Untuk membantu kita bisa tidur dengan  nyenyak dan bangun segar di pagi hari, berikut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan sebelum tidur :

1. Simpan, atau jangan menggunakan laptop atau ponsel 1 jam sebelum tidur

Karena tips yang satu ini mungkin sudah sering sekali kamu dengar dimanapun, maka seharusnya kamu tahu betapa pentingnya ini untuk dilakukan.

Yap, letakkan HP atau Labtopmu, ganti dengan buku atau Alkitab.

HP atau labtop nggak cuma buruk bagi mata, tetapi bikin kita terikat sehingga selalu saja ingin melihat sesuatu yang menarik dari media sosial, entah postingan orang, foto dan lain sebagainya. Alhasil tanpa sadar, kita melewati jam tidur kita.

Namun dengan membaca buku atau tulisan di atas kertas, biasanya mata kita dengan mudah cepat lelah sehingga kita harus tidur.

Selain itu, apa yang kita baca di buku tersebut bisa merileksasikan pikiran kita dan bermanfaat menghantarkan kita untuk tidur.

Cobalah baca Firman Allah, 1 atau 5 pasal sebelum tidur.

2. Makanlah makanan yang sehat dan kenyang sebelum tidur

Makan sehat nggak cuma terasa enak, tapi juga bisa membantu kita tidur dengan nyenyak

Mungkin kamu pernah dengar sebuah mitos yang berkata bahwa makan sebelum tidur itu adalah hal yang buruk, tetapi sebenarnya yang terjadi adalah kebalikannya.

Makan makanan yang tepat di malam hari bisa membantu kamu mencegah rasa lapar sehingga kamu tak terbangun di pertengahan malam karena ingin makan.

Caranya tentu saja dengan memakan makanan yang tepat, jangan memakan makanan yang asin, berlemak apalagi manis ya, karena itu nggak akan membantu, yang terjadi justru kamu akan merasa nggak nyaman dan mempengaruhi kualitas tidur kamu.

Sebaiknya, makanlah makanan seperti buah, sayuran non tepung, dan yang mengandung karbohidrat kompleks. 

Makanlah setidaknya satu jam sebelum tidur, dan pastikan perut kamu nggak lapar sebelum tidur.

BACA JUGA : Jarang Ganti Bantal Bisa Bikin Kamu Terserang 4 Penyakit Ini Loh. Hati-hati!

3. Meditasi

Meditasi yang saya maksud bukan meditasi seperti yang dilakukan kebanyakan orang yang tidak percaya Yesus ya! Tapi bermeditasilah dengan berbicara dengan Yesus, dalam arti berdoalah!

Setelah membaca Alkitab, berdoalah kepadaNya.

Berbicaralah dengan berbahasa Roh, jika karunia itu belum kamu miliki, bicaralah seperti kamu bicara dengan Bapa atau sahabat, ungkapin semua yang kamu pikirkan hari itu, minta ampun kepada Allah, minta damai sejahtera dan tidurlah dalam hadiratNya maka Dia akan menjagai tidurmu dan memberikan kamu ketenangan.

Menyisihkan waktu dengan bermeditasi akan firman Allah, membuat kita semakin dekat padaNya, dan mampu menghilangkan stres sebab kita tahu melalui firmanNya, bahwa pertolongan kita ada padaNya.

Nah, itu dia 3 hal simple yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan bangun di pagi hari dengan sukacita dan semangat yang baru.

Sumber : lifehack/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami