Sebelum Kuliah Ke Luar Kota, Kamu Wajib Tahu 6 Hal Penting Ini
Sumber: https://cdn.idntimes.com/content-images/

Single / 29 June 2018

Kalangan Sendiri

Sebelum Kuliah Ke Luar Kota, Kamu Wajib Tahu 6 Hal Penting Ini

Gracia Irene Contributor
2249

Sebagai anak SMA yang baru lulus dan ingin melanjutkan kuliah pasti kamu merasa gugup, apa lagi kampusnya di luar kota dan jauh dari rumah. Nanti makan gimana, pergi kuliah gimana. Namun jangan khawatir ada hal yang lebih penting untuk di pikirkan untuk kuliahmu nanti. Nah, sebagai seorang calon mahasiswa kamu wajib tahu 6 hal ini sebelum kamu mulai berkuliah yang membuatmu harus jauh dari rumah dan lebih mandiri.

1.   Mental

Mental merupakan salah satu hal yang penting bagi kalian calon mahasiswa baru. Kondisi di waktu kalian SMA bisa saja sangat berbeda dengan kondisi di saat kalian kuliah nanti.  Shock yang sering dialami oleh mahasiswa baru biasanya sih mengalami rasa kangen atau rindu. Kangen sama mama, kangen sama papa, kangen sama adik, kangen semua orang di rumah. Hal ini bisa terjadi karena kita sebagai mahasiswa baru kini hidup sendiri. Melakukan segala hal sendiri, mulai dari makan, pergi keluar, belajar sampai cuci-cuci.

Jadi untuk mempersiapkan diri kalian, kalian bisa berlatih beradaptasi dengan lingkungan barumu. Selain itu pilihlah tempat tinggal yang nyaman dan dekat kampus karena hari-harimu akan kamu habiskan di sekitar itu. Jangan lupa untuk mencari teman baru yang banyak, dengan memiliki banyak teman kamu pasti tidak akan merasa terlalu kesepian.

2.  Menabung

Meski baru SMA tidak ada salahnya kan jika kamu menabung. Bahkan mulailah menabung sejak sedini mungkin. Kita tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi di masa depan kan? Kamu bisa menabung sedikit demi sedikit untuk memulainya. Bisa saja tabunganmu di masa SMA bisa berguna untuk ke depannya.

3.  Berkunjunglah ke kota yang ingin kamu tinggali

Sebelum masuk kuliah tidak ada salahnya bila kita berkunjung ke kota yang akan kamu tinggali itu. Mengenal kota yang akan kamu tinggal akan jauh lebih menguntungkanmu. Kamu jadi tahu letak atau lokasi suatu tempat. Selain itu kamu akan lebih siap menghadapi situasi ke depannya karena sudah tahu harus berlaku seperti apa dan di mana kamu bisa menemukan suatu hal.
4.    Cek informasi mengenai kampus dan perkuliahan

Meskipun kuliah belum dimulai kamu bisa juga loh mengecek atau menengok kampus kamu untuk kuliah nanti. Sama seperti bagian di atas, dengan mengetahui tempat perkuliahanmu lebih awal kamu bisa tahu lebih banyak informasi dan tidak akan sebingung mahasiswa baru yang belum menengok-nengok kampus sebelumnya.

5.    Menengok kos atau asrama

Dengan menengok kos atau asrama yang akan kamu tinggali kamu bisa saja berkenalan dengan orang-orang yang akan menjadi temanmu. Setelah menengok maka kamu akan tahu situasi kamar yang akan kamu tempati, dari situ kamu bisa merencanakan untuk membawa apa saja.

6.    Pencapaian atau target

Poin terakhir ini merupakan salah satu hal terpenting. Sebelum memulai kuliah lebih baik bagi kita calon mahasiswa baru untuk menuliskan hal-hal yang kita ingin capai atau target kita. Memang susah jika dipikirkan namun apa salahnya mencoba, ya kan? Mulai lah dengan target-target yang kecil, misalnya kalau ingin dapat IP yang bagus yang harus rajin belajar. Kalau ingin dapat prestasi yang maka harus berusaha lebih.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ke tahui dan lakukan sebelum masuk kuliah. Bagaimana bisakan dicoba? Apa kamu siap untuk berkuliah sekarang?


Tulisan ini adalah kontribusi dari visitor Jawaban.com, kamu juga dapat berbagi dan menjadi berkat dengan berbagi kisah inspiratif, kesaksian, renungan, pendapatmu tentang isu sosial atau berita yang terjadi di lingkungan dan gerejamu dengan menguploadnya langsung melalui UGC di Jawaban.com, info lebih jelas KLIK DISINI.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami