Kaya Bukan Berarti Sombong, Belajarlah Jadi Orang Sukses Seperti Cara Bill Gates
Sumber: www.gatesnotes.com

Finance / 2 April 2018

Kalangan Sendiri

Kaya Bukan Berarti Sombong, Belajarlah Jadi Orang Sukses Seperti Cara Bill Gates

Lori Official Writer
3543

Siapa yang nggak kenal sama Bill Gates? Dia adalah pendiri perusahaan perangkat lunak Microsoft dan dikenal sebagai pengusaha revolusi komputer terkaya dunia. Yang paling menarik dari sosok pria berusia 62 tahun ini adalah bahwa gaya hidupnya tetap sederhana. Dia bahkan tak pernah menghambur-hamburkan kekayaannya hanya demi memenuhi kebutuhan pribadinya.

Milliarder yang satu ini juga dikenal sebagai filantropis murah hati yang menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk misi kemanusiaan. Hebat bukan?

Banyak pertanyaan yang mungkin muncul dibenak kita, apa sih sebenarnya rahasia kesuksesan Bill Gates? Apa sih yang dia lakukan untuk bisa jadi kaya raya seperti sekarang ini?

Dalam acara Reddit 6 ‘Ask Me Anything’ bulan Maret 2018 lalu, Gates menjawab rahasia itu dengan sangat gamblang. Jawabnya, “Aku diuntungkan karena mengenyam pendidikan yang sangat baik. (Aku bersekolah) di sekolah negeri sampai kelas 6, kemudian sekolah di sekolah swasta yang hebat.”

Ayah Gates adalah seorang pengacara terkenal di kota asalnya Seattle. Di usia 13 tahun, Gates masuk sekolah di Lakeside School yang merupakan sekolah swasta terbaik ke-6 di negaranya saat itu. Lalu dia masuk Harvard University selama dua tahun, sebelum akhirnya keluar dari kampus untuk mengerjakan bisnis Microsoftnya.

Baca Juga : Makin Banyak Menyumbang, Bill Gates Makin Kaya

Dari pernyataannya, Gates mengaku kalau pendidikan sangat berperan besar dalam kesuksesan seseorang. Apalagi seseorang bisa mengukir prestasi yang baik selama mengenyam pendidikan formal.

“Aku berhasil mendapat nilai bagus dan nilai ujian di sekolah menengah. Aku berhasil menulis kode yang baik di usia 20-an. Impianku menciptakan PC sebagai perangkat yang bisa digunakan terwujud pada era 1990-an. Sekarang aku berusaha menjadi ayah yang baik dan ambisiku lewat Yayasan termasuk menyingkirkan polio dan malaria,” terangnya.

Berkaca dari kesuksesannya, Gates mengaku sangat bersemangat untuk memberikan akses pendidikan kepada masyarakat berpendapatan menengah ke bawah di seluruh dunia. Itu sebabnya, pada tahun 2017 lalu dia mendirikan The Bill and Melinda Gates Foundation dan menyumbang sebesar 1.7 miliar dolar AS untuk mendukung pendidikan di berbagai negara-negara miskin.

Baca Juga : Bill Gates dan Pandangannya Soal Tuhan

Walaupun Gates bukan pribadi yang terlalu religius, tapi sebagai orang sukses dan kaya raya dia tetap punya hati untuk memberi. Dia tahu bahwa memberi adalah hal terbaik dalam hidup.

Di dalam Alkitab kita tahu persis bahwa yang dilakukan Gates adalah bentuk dari penghormatan kepada Tuhan. “Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu..” (Amsal 3: 9).

Selain memiliki pendidikan yang terbaik, kita percaya bahwa kemauan, kerja keras dan juga hati Gates yang rendah hati untuk mau berbagi dengan orang-orang yang membutuhkanlah kunci utama dari kesuksesannya. 

Sumber : Time.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami