Ternyata, Perwakilan  Universitas Kristen Ini Sudah Ada dan Ikut Menolong Penduduk Asmat
Sumber: ilustrasi / Okezone.com

Nasional / 6 February 2018

Kalangan Sendiri

Ternyata, Perwakilan Universitas Kristen Ini Sudah Ada dan Ikut Menolong Penduduk Asmat

Budhi Marpaung Official Writer
2455
Salah satu perguruan tinggi Kristen di Pulau Jawa ternyata telah mengirimkan perwakilan untuk menolong para penduduk di Asmat yang sedang menghadapi masalah persoalan gizi buruk dan campak. Adalah dr. Jodelin Muninggar yang tercatat sebagai dosen Fakultas Kedokteran di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) telah berangkat ke Asmat bersama rombongan dari Tim Tanggap Darurat Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) sejak Minggu (28/1/2018).

Seperti dilansir dari manado.tribunnews.com, UKSW memberangkatkan Jodelin Muninggar karena adanya relasi kuat antara UKSW dengan Papua. Bukan itu saja, perwakilan UKSW dan tim lain dari Jakarta akan melakukan quick assessment.

Quick assessment yang dilakukan antara lain untuk melakukan peta kebutuhan lapangan dan lokasi, rencana kerja metode pelayanan dan juga berkoordinasi dengan gereja setempat dan otoritas kesehatan atau Pemda setempat.


(Ilustrasi anak-anak Papua / sumber: VOA Indonesia)

“Setelah itu tentunya kami akan melakukan pelayanan kesehatan, Pendidikan kesehatan untuk mengatasi gizi buruk, pengadaan sarana air bersih,” ujar Jodelin Muninggar.

Jodelin Muninggar memastikan bahwa kegiatan ini akan berkelanjutan dengan tim selanjutnya.

Turut bersama dengan Jodelin Muninggar di Tim Tanggap Darurat PGI ada dr. Alphinus Kambodji dan Hamled Rundubelo.

Baca Juga: RS Tak Bisa Tampung, 43 Anak Gizi Buruk di Asmat Dipindahkan Ke Gereja

Berdasarkan laporan Tim Tanggap Darurat PGI, per 4/2/2018, jumlah pasien rawat inap akibat gizi buruk di RSUD Asmat ada 11 orang dan yang terkena campak ada 5 orang. Sementara itu di Aula Gereja Protestan Indonesia sudah tidak ada lagi pasien rawat inap.  

Sumber : manado.tribunnews.com, pgi.or.id
Halaman :
1

Ikuti Kami