4 Cara Ini Akan Bantu Kamu Menabung Meski Gajimu Hanya 4 Juta Per Bulan.
Sumber: www.lensaindonesia.com

Finance / 20 January 2018

Kalangan Sendiri

4 Cara Ini Akan Bantu Kamu Menabung Meski Gajimu Hanya 4 Juta Per Bulan.

Naomii Simbolon Official Writer
7981

Berapa sering kamu berkata dalam dirimu untuk menabung namun alhasil nggak berjalan juga? Ada banyak alasan orang untuk gagal menabung. Salah satunya gaji sedikit dan kebutuhan banyak.

Tapi kalau kamu seorang karyawan dengan gaji sedikit dan membutuhkan waktu lama untuk naik gaji, lalu kapan kamu akan mulai menabung? Waktu berjalan terus dan setiap bulan adalah kesempatan untuk menabung pas kamu gajian.

Percaya atau nggak, gaji sedikit atau nggak bukan alasan untuk tidak bisa menabung. Kamu tetap bisa menabung asal bisa menyiasati uang dengan bijak, memiliki niat dan mengatur keuangan dengan baik.

Ayolah !  Saatnya menabung. Karena menabung sangat bermanfaat guna menjaga kondisi keuangan tetap terjaga di masa depan. Walaupun gaji kamu hanya 4 juta perbulan, kamu bisa menabung dengan cara berikut:

1.   Buat catatan keuangan


Hal pertama yang harus dilakukan agar kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung adalah dengan membuat catatan keuangan terlebih dulu. Susunlah catatan keuanganmu serapi mungkin,rinci  pengeluaran kamu secara detail tanpa ada yang terlewat, catat juga pemasukan-pemasukanmu.

Dengan gitu, kamu akan mengetahui dengan jelas berapa banyak uang yang kamu perlukan untuk memenuhi kebutuhanmu setiap bulannya, berapa yang harus kamu tabung juga.

2.  Menabunglah setiap awal gajian


Sebagian orang memutuskan untuk menyetor tabungan setelah membeli pengeluaran-pengeluaran sehari-hari. Ini adalah cara yang salah. Jika kamu terus melakukannya, alhasil kamu nggak akan menabung karena uang sudah habis dibelanjakan.

Saran saya, sebaiknya kamu menabung uang tabungan terlebih dahulu dan tentukan berapa yang kamu ingin tabung. Jangan menunda-nunda biar tidak tergoda untuk menggunakan uang itu untuk hal-hal lain.

3.  Dalam menentukan uang untuk ditabung, sebaiknya sisihkan 20 persen dari gaji. Bukan semaunya kamu!


Kalau kamu benar-benar ingin menabung, tentu kamu harus punya target dalam tabungan kamu. Target yang akan digapai dan bagaimana menggapai.

Nah, pada umumnya orang akan menabung 20% dari gajinya. Misalnya gajinya 4juta, maka uang yang wajib kamu tabung setiap bulan adalah Rp.800.000, nggak lebih dan nggak kurang.

Kenapa nggak bisa lebih? Yap! karena itu bisa menganggu anggaran pengeluaran kamu .

4. Pastikan menganggarkan keuangan sehari-hari selama sebulan sebesar 1,2 juta

Rumus untuk menganggarkan kebutuhan sehari-hari adalah 30% dari gaji, bila pendapatan kamu pas-pasan.

Jadi jika kamu memiliki gaji Rp4 juta perbulan, maka kebutuhan sehari-hari kamu sebesar Rp1,2 juta.

Anggaran itu sudah mencakup, makan dan minum serta transport.

Kalau jumlah tersebut terkesan kecil untuk memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari, maka kamu perlu melakukan evaluasi atau mengubah gaya hidup.  Ada banyak cara untuk bisa hidup hemat, jangan mengabaikannya!

Nah demikianlah 4 cara  yang gampang kamu lakukan supaya bisa menabung dengan gaji 4 juta rupiah perbulan. Jangan lupa bagikan kepada temanmu dan mari menabung bersama-sama.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami