2018 Di Depan Mata, Ini Dia 5 Deretan Event Yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan
Sumber: www.fokusjabar.com

Entertainment / 7 December 2017

Kalangan Sendiri

2018 Di Depan Mata, Ini Dia 5 Deretan Event Yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan

Inta Official Writer
2022

Nggak kerasa kita udah ada di penghujung tahun. Kurang dari satu bulan lagi kita akan memasuki tahun 2018. Kali ini, yuk simak bocoran event yang nggak boleh kita lewatin tahun 2018 nanti. 

1. Super Red Blue Moon 

Tepatnya pada tanggal 31 Januari dan 28 Juli 2018 kelak, akan terjadi semua fenomena bulan yang terjadi bersamaan. Dinamakan demikian karena pada tanggal tersebut, bulan akan mengalami tiga fenomena, yaitu supermoon, bluemoon dan redmoon. 

Supermoon terjadi ketika bulan berada pada titik terdekat dari bumi yang mengakibatkan bulan terlihat lebih besar. Bluemoon adalah bulan purnama kedua dalam satu bulan masehi, bulan purnama pertama terjadi pada tanggal 2 Januari. Redmoon akan membuat bulan nampak berwarna merah seperti darah, karena sinar matahari mengalami pembiasan pada atmosfer bumi yang kemudian mengenai bulan. 

Sayangnya, fenomena pada tanggal 31 Januari ini akan berlangsung pada saat musim hujan. Jadi, kalau kita hendak mengabadikan fenomena atau sekedar melihat bagaimana keindahan bulan nanti, lebih baik kita memilih tempat yang memiliki curah hujan rendah. 

2.  FIFA World Cup 2018 

Kali ini, Piala Dunia FIFA yang ke 21 berlokasi di Rusia pada 14 Juni 2018 hingga 15 Juli 2018. Ajang piala dunia ini merupakan yang pertama diselenggarakan di Eropa sejak 2006 silam. Pertandingan sepakbola yang hanya hadir setiap empat tahun ini akan dimeriahkan oleh 32 tim nasional, termasuk tim nasional Iceland dan Panama yang menjadi tim yang baru bergabung tahun ini. Wah, udah terendus nih kayaknya euforianya. Yuk catat tanggalnya. 

3. Asian Games 2018

Indonesia harus berbangga dengan digelarnya Asian Games tahun ini, nih. Pada 18 Agustus 2018 sampai 2 September 2018 nanti akan digelar Asian Games yang ke-18. Uniknya, untuk pertama kali dalam sejarah, acara ini berlokasi di dua kota sekaligus, yaitu Jakarta dan Palembang. Setelah sekian lama, akhirnya kita terpilih juga menjadi tuan rumah sejak tahun 1962 lalu.

4. Dieng Culture Festival 

Sesuai dengan namanya, acara ini berlokasi di dataran tinggi Dieng, Wonosobo yang sejuk dan asri. Biasanya, pagelaran pesta masyarakat ini akan dimeriahkan dengan pemotongan rambut anak gimbal, musik jazz diatas awan, pesta lampion dan acara-acara seni dan budaya lainnya. 

Nggak heran deh kalau acara ini menjadi salah satu event yang ditunggu-tunggu oleh para wisatawan baik dari luar atau dalam negeri. Tahun 2017 lalu, event ini berhasil memboyong sekitar 200.000 orang untuk ikut berpartisipasi, lho. 

5. International Jazz di Gunung Bromo 2018 

Dilihat dari namanya saja, event ini sudah menarik buat kita, ya. Gunung Bromo yang sudah memiliki daya tarik tersendiri dengan pemandangannya, ditambah dengan lagu-lagu jazz internasional yang manjakan telinga. Tahun lalu, Jazz Gunung Bromo dilaksanakan di Jiwa Jawa Resort Bromo, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur. Kira-kira, kalau tahun ini berlokasi dimana ya tempatnya? 

Jadi, event apa nih yang paling kamu tunggu tahun depan? 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami