Wow, Lukisan Yesus Ini Jadi Karya Sastra Paling Mahal di Dunia Loh!
Sumber: Zimbio.com

Internasional / 17 October 2017

Kalangan Sendiri

Wow, Lukisan Yesus Ini Jadi Karya Sastra Paling Mahal di Dunia Loh!

Lori Official Writer
6023

Siapa yang nggak kenal sama Leonardo da Vinci, seniman paling jenius yang pernah ada. Salah satu hasil karyanya yang paling terkenal adalah lukisan Mona Lisa yang begitu memesona dan banyak dikagumi kalangan seniman dunia.

Sepeninggal Leonardo da Vinci pada tahun 1519, dia pun mewariskan sejumlah karya-karya bernilai tinggi. Selain Mona Lisa, dia juga punya lukisan The Last Supper, The Vitruvian Man dan bahkan Salvator Mundi yang tak kalah memesona.

Di antara peninggalan itu, lukisan Salvator Mundi jadi perhatian banyak kalangan. Belakangan ini, lukisan itu dibadrol dengan harga paling fantastis dalam sejarah seni. Kenapa tidak, Salvator Mundi yang adalah potret Yesus Kristus itu memang terbilang menarik.

Lukisan ini mengambarkan sosok Yesus dengan mengenakan jubah biru dan merah terang sembari memegang sebuah bola kristal. Raja Charles I adalah sosok pemilik sah yang pertama dari lukisan ini. Sepeninggal sang raja, lukisan kembali dilelang dan terjual seharga 45 poundsterling kepada seorang kolektor Amerika pada tahun 1958.

Sayangnya, lukisan ini sempat hilang pada tahun 1763 dan baru ditemukan kembali tahun 1900.  Lalu lukisan Salvator Mundi dijual kembali kepada orang lain pada tahun 2005.

Karena dianggap sudah terlalu usang, pemilik baru melakukan proses restorasi. Setelah menjalani penelitian selama enam tahun, lukisan ini kemudian disahkan sebagai karya da Vinci saat digelarnya pameran di Galeri Nasional London tahun 2011 lalu.

Tahun ini, Salvator Mundi akan kembali dijual seharga 100 juta dolar di gedung penjualan barang kuno Christie’s di New York pada 15 November 2017 mendatang.. Harga yang cukup tinggi inilah yang menjadikan lukisan Leonardo da Vinci ini jadi salah satu karya bernilai paling tinggi.

“Kami merasa menawarkan lukisan ini sesuai dengan konteksny adalah bukti relevansi abadi dari gambar ini,” ucap Loic Gouzer, ketua seni Christie’s.

Selain Salvator Mundi, lukisan Andy Warhol yang berjudul ‘Sixty Last Suppers’ juga nantinya akan ditampilkan. Ini adalah karya terakhir dari Warhol sebelum kematiannya pada tahun 1987. Lukisan ini dijual seharga 50 juta dolar.

Wow, kita pasti setuju ya kalau hasil karya terbaik bakal selalu punya nilai jual yang mahal. Apalagi kalau karya itu betul-betul dibuat sebagai bentuk penghormatan buat Tuhan ya. Salvator Mundi mungkin adalah salah satu lukisan Yesus terbaik yang pernah dibuat sama Leonardo da Vinci. Pelukis yang satu ini memang dikenal cukup religius dan rindu untuk menghasilkan karya yang dia gambar sendiri lewat kisah injil, termasuk lukisan The Last Suppers-nya yang dilukiskan saat peristiwa Perjamuan Terakhir Yesus dengan murid-murid-Nya.

Sumber : Christianpost.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami