6 Gunung Paling Bersejarah dalam Alkitab
Sumber: amenaustin.org

Kata Alkitab / 27 June 2016

Kalangan Sendiri

6 Gunung Paling Bersejarah dalam Alkitab

Lori Official Writer
53124

Gunung menjadi salah satu ikon identik dengan perjalanan iman sejak masa Perjanjian Lama. Sebab gunung dianggap sebagai tempat yang begitu kudus dan mempesona dimana Allah bersemayam (Ulangan 11: 29). Adapun beberapa gunung paling bersejarah yang tertulis dalam Alkitab adalah:

1. Gunung Sinai

Gunung Sinai  atau Gunung Horeb ini begitu erat kaitannya dengan sejarah keagamaan, khususnya Nabi Musa. Puncak gunung ini dipercaya merupakan tempat Musa menerima The Ten Commandments atau 10 Perintah Allah dalam bentuk 2 loh batu. Di kaki Gunung Sinai terdapat Biara St Chaterine, dimana di dalamnya dipercayai sebagai tempat Musa melihat semak yang terbakar, seperti dalam ayat Alkitab Keluaran 3: 2-3.

2. Gunung Hermon

Gunung ini berada di Dataran Tinggi Golan dan menjadi gunung tertinggi di Palestina. Tempat ini sering dianggap sebagai situs transfigurasi Yesus (Markus 9: 2). Dari gunung inilah sumber air bagi Danau Galilea, kemudian mengalir melalui bukit-bukit Sion, seperti dinyanyikan pemazmur. Sungai Yordan dan Danau Galilea menjadi sumber air serta memberi kehidupan yang menghidupkan wilayah Israel, menumbuhkan tanaman di sekitar sungai. Embun Gunung Hermon memiliki konotasi berkat yang turun dari sorga ke atas orang-orang yang hidup rukun (Mazmur 133: 3). Hermon memberi pengertian suatu tempat yang tinggi, sejuk dan menjadi berkat bagi kehidupan banyak makhluk.

3. Gunung Karmel

Gunung Karmel adalah suatu area pegunungan pantai yang memiliki panjang 25 km dan lebar 8 km dengan puncaknya berada di ketinggian 548 meter dpl serta menghadap langsung ke Laut tengah. Inilah pegunungan terpanjang di wilayah Israel. Nama Karmel berasal dari bahasa Ibrani ‘Karen El’ artinya ‘Kebun Anggur Allah’ (Karem = Kebun Anggur, El = Allah).

Dalam Alkitab Perjanjian Lama, Gunung Karmel merupakan lokasi dimana Nabi Elia bertarung melawan 450 nabi Baal saat mempersembahkan kurban bakaran di altar di atas gunung Karmel untuk menentukan Allah siapa yang lebih berkuasa (1 Raja-Raja 18). Dalam sejarahnya, Nabi Elia akhirnya berhasil menunjukkan Tuhan siapa yang lebih berkuasa. Orang-orang yang menyaksikan kejadian itu kemudian bersujud dan berkata, “Tuhan, Dialah Allah! Tuhan, Dialah Allah!” Kemudian Elia memerintahkan untuk menangkap seluruh nabi Baal dan menyembelihnya di Sungai Kishon yang berada di kaki gunung tersebut.

4. Gunung Tabor

Gunung Tabor terletak di sebelah utara Israel. Secara tradisional, Gunung Tabor diyakini sebagai tempat terjadinya transfigurasi Yesus (baca Matius 17: 1-8; Markus 9:2-8; Lukas 9: 28-36). Saat itu para murid yang menyertai-Nya melihat Yesus berubah rupa. Wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya putih bersinar laksana terang. Setelah itu Dia Nampak bercakap-cakap dengan Musa dan Elia. Peristiwa tersebut jelas bukan sesuatu yang biasa karena secara tegas membuktikan keilahian Yesus.

5. Gunung Nebo

Gunung Nebo terletak di bagian barat negara Yordania dan memiliki ketinggian sekitar 817 meter di atas permukaan laut (2680 kaki). Dari atas gunung ini bisa terlihat Panorama ke arah Tanah Perjanjian, yaitu Tanah Kanaan. Menurut kitab Ulangan, Gunung Nebo merupakan tempat dimana Nabi Musa hanya dapat memandang ke arah Tanah Perjanjian sebelum bisa memasukinya (Ulangan 32: 49).

Sesuai dengan tradisi Yahudi dan Kristen, Gunung Nebo merupakan tempat peristirahatan terakhir Nabi Musa. Di sinilah Nabi Musa dikuburkan setelah kematiannya. 

6. Gunung Sion

Gunung Sion adalah sebuah gunung di luar tembok Kota Tua di Yerusalem. Secara historis Gunung Sion terkait dengan Bait Allah. Berdasarkan penafsiran bagian-bagian Alkitab, Gunung Sion dianggap sama dengan Gunung Moriah. Istilah "Sion" juga digunakan untuk seluruh Tanah Israel. Ketinggian gunung ini kurang lebih adalah 765 meter.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami