10 Kualitas Orang Sukses Yang Tidak Ada Hubungannya Dengan Bakat
Sumber: Forbes.com

Finance / 9 June 2016

Kalangan Sendiri

10 Kualitas Orang Sukses Yang Tidak Ada Hubungannya Dengan Bakat

Puji Astuti Official Writer
4359

Ketika saya kelas sembilan, pelatih lari saya mengatakan bahwa saya tidak akan pernah bisa berlari sejauh satu mil dalam waktu 7 menit 30 detik. 

"Kamu terlalu pendek dan gemuk," katanya. "Apakah kamu pernah mempertimbangkan masuk tim renang?"

Saya ingat waktu itu saya berlari sambil air mata mengalir, percaya bahwa saya bukan pelari cepat. Pencapaian saya selalu berada di antara delapan dan sembilan menit pada tiga bulan selanjutnya - dan ketika musim perlombaan lari berakhir, saya memutuskan untuk berhenti berlari dan menyimpan sepatu lari saya. 

Beberapa tahun kemudian, setelah mendapatkan sudut pandang baru dan memutuskan bahwa perkataan pelatih lari saya yang dulu hanyalah omong kosong, saya memakai sepatu lari saya lagi. Berlari sejauh dua tiga mil bertambah menjadi empat hingga lima mil. Secara spontan saya mendaftarkan acara lari setengah-marathon, dan mulai berlatih dengan rajin. 

Tiga bulan kemudian, di pagi yang cerah, saya selesaikan lari setengah-marathon. Berapa rata-rata pencapaian waktu saya? Tujuh menit dan tiga puluh detik. 

"Lihat itu, Pelatih!" saya berteriak dan berlari ke garis finish. 

Talenta memang berkontribusi kepada kesuksesan. Tetapi berdasarkan pengalaman yang saya alami, mengatakan pada diri Anda sendiri bahwa Anda tidak memiliki bakat tidak membatasi Anda untuk mencapi kesuksesan. Saya tidak menyarankan Anda menjadi tidak realistis - walau bagaimanapun saya tahu bahwa saya tidak akan pernah menjadi pelari Olimpiade. Tetapi, tidak ada yang bisa menghentikan Anda untuk mencapai target yang dalam jangkauan Anda : tidak tubuh Anda, pikiran Anda atau bakat alami Anda. 

Jika kerja keras dan kegigihan yang membawa saya melewati garis finish perlombaan saya, hal tersebut bukan satu-satunya yang bisa mendorong seseorang mencapai tujuan mereka. Fouad ElNaggar, CEO perusahaaan pengembang aplikasi mobile Sapho menambahkan 8 lagi dari dua yang sudah saya miliki :

1. Datang tepat waktu

2. Etos kerja

3. Upaya

4. Bahasa tubuh

5. Energi

6. Sikap

7. Kesabaran

8. Mudah diajar

9. Memberi lebih

10. Selalu siap sedia

Seperti yang bisa Anda baca di atas, semua itu tidak butuh talenta untuk mengerjakannya. Jadi lain kali jika Anda ingin mewujudkan mimpi Anda menjadi kenyataan,  ingatlah hal di atas, bahwa bakat bukanlah segalanya. Apakah Anda juga mengalami pengalaman serupa dengan saya? Yuk berbagi kisahmu...

Disadur dari tulisan Aja Frost, penulis lepas di bidang bisnis, karir, teknologi dan produktifitas.

Sumber : Forbes.com
Halaman :
1

Ikuti Kami