7 Tips Ini Bantu Persiapkan Kamar Bayi Anda Menjadi Istimewa
Sumber: Google

Parenting / 6 June 2016

Kalangan Sendiri

7 Tips Ini Bantu Persiapkan Kamar Bayi Anda Menjadi Istimewa

Mega Permata Official Writer
2639

Sebentar lagi buah hati Anda yang ditunggu-tunggu akan lahir ke dunia. Apa Anda sudah menyiapkan perlengkapan bayi Anda? Untuk para calon orangtua mempersiapkan kebutuhan calon bayi khususnya anak pertama adalah yang membuat kita menjadi semangat luar biasa. Berawal dari menyiapkan nama bayi, pakaiannya, mainannya hingga kamar bayi. Kamar bayi adalah hal yang paling penting untuk dipersiapkan jauh-jauh hari. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan sekaligus banyak barang yang harus dibeli untuk mengisi kamar bayi Anda. Berikut ini yang harus Anda perhatikan dalam merencanakan kamar bayi Anda;

Pertama, Tentukan budget 

Menentukan budget memang penting bagi Anda keluarkan untuk memikirkan sebuah kamar bayi. Dengan adanya perhitungan budget yang jelas, kita jadi tahu barang apa saja yang mau dibeli, dan di mana kita akan membelinya. Namun, yang harus diperhatikan jangan karena harga yang miring tetapi kita mengabaikan kualitas dari barang-barang tersebut. Anda harus memperhatikan cat, bahan-bahan yang dibutuhkan itu aman untuk kesehatan dan keselamatan anak-anak.

Kedua, Lokasi yang tepat

Hal pertama yang diperhatikan adalah lokasinya. Baiknya lokasi kamar bayi berdekatan dengan kamar tidur Anda. Dengan begitu jika bayi Anda menangis di tengah malam bisa terdengar oleh Anda dan Anda pun siap sedia melaksanakan keajiban tugas seorang ibu ataupun orangtua. Posisi yang baik untuk kamar bayi adalah yang memiliki jendela sehingga memungkinkan sirkulasi udara baik ataupun cahaya matahari masuk dan tidak lembab.

Ketiga, Warna yang menenangkan

Pertimbangkan untuk menggunakan warna-warna yang menyenangkan. Seiring pertumbuhan bayi biasanya akan menentukan warna favoritnya sendiri. sedangkan untuk bayi yang baru lahir warna-warna yang menenangkan dan terkesan lembut seperti putih dan warna muda, cream, biru muda, hujai muda atau merah muda bisa menjadi pilihan Anda.

Keempat, Utamakan Keamanan dan Kesehatan

Untuk kamar bayi sudah seharusnya dipilihkan perabotan yang aman. Hindari menggunakan perabotan yang bisa menimbulkan efek samping seperti keracunan hingga membahayakan keselamatan si bayi. Pilih tempat tidur bayi, kasur, yang aman juga terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman.

Keamanan di kamar bayi Anda berhubungan dengan beberapa aksesoris yang Anda gunakan. Bagi bayi yang baru lahir penyesuaian dekorasi simpel diperlukannya, berbeda dengan bayi Anda yang sudah mulai melakukan gerakan aktif seperti merangkak dan berjalan sehingga membutuhkan pengawasan ekstra termasuk benda-benda disekitar haruslah aman dari benda tajam yang dapat melukainya. Selain itu perhatikan letak alat-alat listrik dan stop kontak. Pilih jenis stop kontak yang mempunyai tutup atau yang dapat diputar. Jangan sekali-kali memasang stop kontak di bawah.  

Kelima, Pemilihan perabot bayi dan mainannya

Pilihlah barang-barang yang mudah dibersihkan, baik perabot ataupun mainannya. Pertimbangkan berapa lama perabot akan diminati oleh bayi Anda. Sehingga ketika bayi Anda baru lahir sebaiknya Anda menggunakan perabot serta dekorasi yang simple dan bisa beradaptasi. 

Selain itu, Anda harus mengetahui fungsi dari benda-benda yang Anda gunakan di kamar bayi dan menyediakan benda-benda tersebut yang memang penting dan sesuai kebutuhan Anda dan sang bayi. Peletakan perabotan bayi Anda juga perlu diperhatikan agar memudahkan Ibu bergerak.

Keenam, Pencahayaan yang cukup

Walaupun sudah disinggung di bagian atas, sekali lagi perlu ditekankan dalam merencanakan kamar bayi hal ini pencahayaan bisa didapat dari lampu atau cahaya alami. Penempatan lampu-lampu juga harus diperhatikan. Selain lampu utama yang terletak di tengah-tengah atap kamar, cobalah untuk memasang lampu meja yang cahayanya lebih redup. Lampu meja ini juga berfungsi ketika bayi tidur karena menenangkannya ketika ia terlelap dan tetap bisa membantu menerangi Anda ketika menyusui. 

Ketujuh, Kreatifitas

Selebihnya Anda bisa berkreasi sendiri untuk merencanakan kamar bayi sesuai dengan keinginan Anda. Mungkin Anda bisa menambahkan hiasan dinding kamar tersebut dengan namanya, foto-foto sewaktu hamil, foto pernikahan, atau pajangan lainnya. 

Itulah ketujuh tips yang perlu diperhatikan dalam merencanakan kamar bayi Anda. Sekali lagi utamakan keamanan, kenyamanan dan kesehatan dari bati Anda sendiri. jangan ikuti ego Anda, tetapi pikirkan dulu kebutuhan bayi Anda. Oya, sebagai pilihan Anda juga bisa memberikan cctv pada kamar bayi Anda, yang dapat terhubung dengan gadget Anda dan suami untuk bisa mengawasinya selalu. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami