3 Cara Ciptakan Paskah yang Mengesankan Anak-Anak

Parenting / 24 March 2016

Kalangan Sendiri

3 Cara Ciptakan Paskah yang Mengesankan Anak-Anak

Lori Official Writer
4648

Saat paskah tiba, banyak orang akan mulai berpikir tentang berbagai kegiatan yang harus dilakukan dan sibuk mempersiapkan ornamen-ornamen paskah. Sebagai orang Kristen, kita tahu bahwa hal terpenting dari peringatan ini adalah kebangkitan Yesus Kristus yang menandakan karya penebusan akan dosa manusia.

Satu pekan sebelum paskah adalah waktu persiapan hati untuk mengalami kemenangan. Dan akan menjadi suatu kebahagiaan apabila seluruh anggota keluarga pun turut merasakan suka cita paskah ini. Dengan itu, penting bagi setiap orang tua untuk memastikan anak-anak juga bisa menikmati dan memaknai paskah dengan benar. Untuk itu diperlukan tindakan untuk menciptakan paskah yang mengesankan bersama anak-anak Anda.

1. Hadiri ibadah paskah

Rata-rata gereja akan menggelar ibadah paskah selama satu pekan menjelang paskah, seperti Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung dan Minggu Paskah. Anda bisa mengajak seluruh keluarga untuk menikmati ibadah selama paskah ini.

Selain mengikuti ibadah, Anda dan anak-anak juga bisa melakukan aktivitas lain bersama-sama seperti membaca alkitab atau menonton film bertema paskah yang mengisahkan tentang kisah salib.

2. Melayani saat jamuan makan paskah

Sebagian jemaat gereja atau komunitas Kristen biasanya akan menggelar sebuah jamuan khusus paskah. Setiap tahunnya, satu keluarga akan bersedia menjadi tuan tamu untuk acara ini. Kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk melibatkan anak-anak ikut mempersiapkan berbagai hidangan spesial paskah, seperti membuat roti paskah atau mempersiapkan sejumlah perlengkapan yang dibutuhkan untuk perayaan jamuan makan. Ingatkan anak bahwa ini adalah sebuah bentuk pelayanan yang harus dilakukan dengan penuh kerendahan hati.

3. Ikut serta dalam permainan paskah

Paskah tanpa permainan berburu telur pasti akan kurang seru. Namun, hampir rata-rata gereja akan mengadakan pemburuan telur di pagi paskah. Jika gereja tidak mengadakannya, Anda bisa saja melakukannya sendiri di rumah. Tak masalah memodifikasi permainan ini dengan menggunakan telur plastik berwarna dan diisi dengan simbol-simbol paskah. Dengan itu, Anda bisa mendorong anak-anak tidak hanya sekedar menikmati permainan tetapi juga belajar tentang apa itu paskah.

Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti membacakan cerita pengalaman berkesan yang berkaitan dengan paskah. Bacakan buku itu untuk anak-anak Anda, dan mulai berdiskusi tentang apa yang mereka tidak mengerti atau hal penting yang perlu Anda ajarkan kepada mereka melalui cerita itu.

Sebagai orang tua, kita memiliki kapasitas yang begitu besar untuk membawa anak-anak mengenal Tuhan, dan paskah adalah salah satu momen yang sangat tepat untuk mengajarkan anak-anak tentang siapa itu Yesus. Kita bisa melakukan hal ini hanya dengan berbagi iman, melibatkan mereka dalam jamuan makan dan menikmati permainan paskah yang menyenangkan. Simpel bukan?


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Faithgateway.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami