Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
3191


Hasil survei yang dilakukan oleh situs DesiringGod.org kepada 8000 responden, ditemukan bahwa lebih dari setengahnya (sekitar 54%) mengaku memeriksa ponsel setelah beberapa menit bangun dari tiudr di pagi hari. Sekitar 74% diantaranya mengaku akan terlebih dahulu memeriksa email atau media sosial daripada membuka situs renungan pagi.

Survei ini menemukan bahwa wanita berusia 18-39 tahun menjadi pecandu tertinggi kebiasaan ini jauh melampaui kaum pria berusia serupa. Tak dimungkiri, kecanduan inilah yang menjadi tantangan terbesar masyarakat dunia saat ini.

Ada 6 alasan keliru kenapa wanita begitu terbiasa menggeluti kebiasaan mengecek ponsel setiap bangun pagi, yaitu:

Alasan 1: Ingin menjadi lebih cerdas dan tahu segala sesuatu

Sama seperti kaum pria, wanita juga tertarik untuk menjadi sosok yang dianggap cerdas dan tahu segala sesuatunya. Sebagian besar wanita yang mengecek media sosial di pagi hari tertarik untuk mengetahui kabar baru yang terjadi di belahan dunia sebelum orang lain mengetahuinya. Apa yang sedang terjadi sejak terakhir kali beristirahat dari kesibukan dunia? Merasa ingin tahu segala sesuatu akan membuatnya seolah seperti seorang informan yang cerdas dan tidak ketinggalan berita. Mereka mengukur kepintaran jika sudah membuka media sosial dan mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum orang lain mengetahuinya.

Alasan 2: Mempertahankan popularitas

Apa yang teman-teman atau pengikut kita katakan di postingan terbaru kita sejak terakhir kali ditinggalkan? Siapa yang memposting komentar atau like? Siapa yang me-retweet postingan kita? Siapa yang menandai kita dalam sebuah postingan? Kebiasaan keliru ini tanpa disadari hanya membuat kita menjadi pribadi yang egois. Mereka yang berasal dari latar belakang yang kurang diperhatikan atau tidak terlalu populer di dunia nyata, akan cukup terhibur ketika dia banyak mendapat perhatian di dunia maya. Dan itu adalah awal dari kecanduan egoisme.

Alasan 3: Mencari hiburan

Internet stak akan pernah berhenti menawarkan ragam hal-hal menarik, menghibur, aneh, mengejutkan dan lucu, mulai dari gambar-gambar meme, video, kutipan dan tulisan-tulisan menarik. Dan tawaran-tawaran inilah yang menarik perhatian pengguna ponsel yang terkoneksi secara mudah dengan internet. Hal itu sudah semacam sarapan yang harus dinikmati setiap kali bangun tidur, menggantikan saat-saat hikmat bersama Tuhan.

Alasan 4: Mengusir kebosanan

Saat bangun di pagi hari, mata kita mungkin terasa berat untuk terbuka. Tak ada sesuatu di hadapan kita yang terlihat mampu menarik mata. Tentu saja, ponsel akan menjadi salah satu benda yang menawarkan hal itu. Kebosanan itu harus diusir dengan melihat hal-hal menakjubkan yang terjadi di luar sana, tentu saja lewat internet.

Alasan 5: Menghindar dari tanggung jawab 

Sebagian besar wanita, khususnya ibu rumah tangga tentu akan selalu diperhadapkan dengan beragam kesibukan dan tanggung jawab setiap harinya, seperti mengurus anak-anak dan suami, menyelesaikan pekerjaan kantor yang menumpuk, bosan dengan beragam tekanan di rumah atau tempat kerja dan sebagainya. Hingga pada akhirnya, mulai mengalihkan pikiran-pikiran itu dengan terlebih dahulu mengkoneksikan diri dengan hal-hal menarik yang ada di ponsel di pagi hari. Misalnya, mengambil foto selfie saat masih berada di kasur dan mempostingnya di Instagram atau log in ke Facebook dan Twitter untuk sekedar memposting status ‘Selamat Pagi’ kepada para penghuni media sosial. Pengalihan-pengalihan ini dianggap menjadi sarana penghibur diri di pagi hari sebelum melewati hari yang akan sangat sibuk.

Alasan 6: Malas

Pagi hari seharusnya diawali dengan semangat baru. Namun sebagian di antara kita justru memilih bermalas-malasan di kasur dengan ponsel di tangan dan mulai menjelajah media sosial. Sebagian lainnya juga mungkin merasa sedang dalam kondisi buruk di pagi hari, dan memilih berbaring di pagi hari sembari mengotak-atik ponsel di tangan. Hingga tak terasa keasyikan bermain ponsel menguras waktu-waktu berharga di pagi hari. Tanpa disadari, ponsel membuat sebagian orang menjadi pemalas dan lupa diri dengan waktu.

Kalau dipikir-pikir, setiap alasan di atas justru tidak akan membuat seseorang keluar dari masalahnya. Sebaliknya, seseorang hanya akan mendapati dirinya terbelenggu dengan kecanduan dan kenikmatan sesaat saja, tanpa berani menghadapi sesuatu yang nyata, tanpa menyadari bahwa pagi hari adalah waktu yang tepat untuk membangun hubungan yang lebih intim dengan Tuhan, yang jauh lebih penting dari sekedar mengetahui beragam peristiwa terbaru atau mendapatkan popularitas di media sosial. Jika Anda adalah salah satu yang sudah kecanduan dengan kebiasaan ini, segeralah menyadari dan mengubahnya.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini

Sumber : DesiringGod.org/jawaban.com/ls

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kristanto 14 November 2019 - 04:07:05

Apakah yang harus sy lakukan. Istri berkata kasar .. more..

0 Answer

Ety loe 13 November 2019 - 09:33:33

Bagaimana cara saya keluar dari utang yang banyak?.. more..

0 Answer

yeni farida 12 November 2019 - 18:02:54

Apa bisa bantu saya

1 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7271

Banner Mitra November Week 2