Sahabat Ternyata Bisa Membuatmu Merasa Sehat
Sumber: ideaswu.blogspot.com

Single / 1 March 2016

Kalangan Sendiri

Sahabat Ternyata Bisa Membuatmu Merasa Sehat

Lori Official Writer
2890

“Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran,” demikian ditulis dalam Amsal 17:17. Dan setiap kali saya berpikir tentang persahabatan, saya selalu teringat dengan lagu Sindentosca 'Kepompong'. Sesederhana apapun obrolan dengan mereka, saya selalu merasa bahagia. Saya suka membayangkan sahabat-sahabat saya tertawa saat mendengar lelucon yang saya lontarkan, atau memberitahukan ketika gigi saya menempel sisa cabai.

‘Satu sahabat yang setia lebih bernilai daripada sepuluh ribu kerabat. – Euripides’

Kita semua tahu bahwa persahabatan mampu menciptakan hidup yang lebih menyenangkan. Maksud saya, bersama mereka kita pasti akan selalu merayakan pesta. Sebaliknya, tanpa teman pesta hanyalah keramaian yang kosong. Tetapi apakah kamu juga tahu bahwa selain memberi kebahagiaan, ternyata memiliki sahabat-sahabat mampu meningkatkan kesehatan.

Dalam sebuah penelitian yang ditemukan baru-baru ini, The National Academy of Sciences menyampaikan bahwa jika kita mengisolasi diri kita sendiri dan menarik diri dari lingkungan, kita hanya akan merugikan diri kita sendiri.

“Isolasi sosial meningkatkan risiko peradangan sama berisikonya dengan aktivitas fisik saat remaja, dan efek dari isolasi sosial itu timbul hipertensi melebihi risiko diabetes di usia tua,” seperti ditulis dalam hasil penelitian. Para peneliti menyimpulkan bahwa orang-orang yang memiliki koneksi atau hubungan sosial yang luas jauh lebih sehat dan hidup lebih lama dibanding mereka yang menarik diri dari lingkungan sosial.

Untuk itu, Katheleen Mullan Harris, seorang profesor di UNC-Chapel Hill menyarankan agar setiap orang sejak tahap awal kehidupannya perlu memiliki jaringan sosial yang luas. Dia memberitahukan kita bahwa orang-orang yang mengisolasi diri, pada umumnya, akan mengalami risiko paling besar terserang penyakit kardiovaskuler dan antobodi yang lemah.

Setelah mengetahui fakta ini, sebagian diantara kamu mungkin bisa memeriksa kembali jadwal kesibukan kamu, dan mencantumkan jadwal untuk bisa berkumpul atau reunion bersama sahabat-sabahatmu. Siapa tahu dengan acara reunion bersama teman-teman lama, kamu bisa kembali disegarkan dari rutinitas yang begitu menyita waktu dan pikiran. Ya, sama seperti kalimat berikut bahwa ‘Sahabat sejati umpama pohon rendang yang dapat menjadi tempat untuk berteduh’.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami