Gereja Katolik Filipina Bela Pernyataan Pacquiao Soal LGBT
Sumber: Theguardian.com

Internasional / 22 February 2016

Kalangan Sendiri

Gereja Katolik Filipina Bela Pernyataan Pacquiao Soal LGBT

daniel.tanamal Official Writer
4744

Pernyataan petinju Filipina Manny Pacquiao yang menyatakan kalangan Lesbian, Biseksual, Gay, dan Transeksual (LGBT) lebih rendah dari binatang dibela oleh Gereja Katolik di negara itu. Gereja menilai apa yang disampaikan petinju berjuluk 'Pacman' itu tak salah. Pernyataan Pacman itu sendiri menimbulkan kecaman dibanyak kalangan, meskipun tak sedikit yang juga mendukungnya.

"Ucapan (Manny) sekadar mengikuti apa yang tercantum di Injil. Jadi kita juga tidak bisa memprotes apa yang sudah disebut dalam kitab suci. Memang mungkin Manny sebaiknya menggunakan kata-kata yang lebih santun. Posisi gereja menghormati gaya hidup seseorang, kendati itu tak sesuai dengan nilai yang kami anut," ujar Sekretaris Eksekutif Keuskupan Agung Filipina, Romo Jerome Secillano, seperti dilansir Kantor Berita AFP, Minggu (21/2).

Dalam pandangan Romo Secillano apa yang dialami 'Pacman' pekan lalu kurang adil. Dia dikecam seakan-akan membenci LGBT. Tak cuma itu, kontrak iklan oleh Nike juga langsung dibatalkan akibat ucapan Manny. Di Filipina, 80 persen penduduk menganut Katolik Roma. Gereja menentang ide pernikahan sejenis.

Pacquiao yang berencana maju sebagai calon anggota Senat Filipina mewakili Provinsi Sarangani, mengikuti program bincang-bincang di TV5. Di tengah acara, dia dimintai pendapat mengenai legalisasi pernikahan sejenis. "Itu masalah akal sehat saja. Silakan lihat alam ini, adakah hewan berpasang-pasangan antara sesama jantan atau sesama betina? Jadi bila ada manusia menikah sejenis, artinya dia lebih buruk dari binatang," kata Pacman kala itu.

Setelahnya aktivis dan pesohor LGBT yang tenar di Filipina ramai-ramai menyerang Pacquiao melalui medsos. Sang petinju lantas menyampaikan permintaan maaf dalam bahasa Tagalog. Bahkan Nike, perusahaan alat-alat olahraga asal Amerika Serikat, langsung memutus kontrak iklan dengan Manny. Nike menilai ucapan petinju akrab disapa Pacman itu sangat penuh kebencian. Tidak pantas terlontar dari sosok olahragawan yang menjadi panutan banyak orang.


Sumber : merdeka
Halaman :
1

Ikuti Kami