Makna Imlek Bagi Pasangan Susi Susanti dan Alan Budikusuma
Sumber: IDN Times

Marriage / 3 February 2016

Kalangan Sendiri

Makna Imlek Bagi Pasangan Susi Susanti dan Alan Budikusuma

Lori Official Writer
4465

Kurang dari sepekan lagi, seluruh warga tanah air keturunan Tionghoa akan merayakan tahun baru atau hari raya Imlek. Perayaan ini sudah tampak dari pemasangan sejumlah ornamen seperti lampion dan busana-busana berwarna merah. Tentu saja seluruh warga tanah air keturunan Tionghoa sudah melakukan serangkaian persiapan menarik, baik rencana acara bersama keluarga ataupun acara liburan bersama.

Begitu pula dengan persiapan yang dilakukan oleh pasangan mantan pemain bulu tangkis Indonesia ini, Susi Susanti dan Alan Budikusuma. Sebagai pasangan berdarah Tionghoa, Susi dan Alan rencananya akan merayakan momen yang paling ditunggu ini di tanah air saja. Bagi mereka, momen tahun baru Imlek seharusnya dihabiskan untuk berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terdekat lainnya.

“Bagi kami, makna Imlek bukan pemborosan, seperti liburan ke luar negeri. Karena itu, kami lebih memilih untuk bersilaturahmi ke rumah mami, instropeksi keluarga, supaya menjadi pribadi yang lebih baik pada tahun depan. Jika ada hal yang jelek, diharapkan bisa dibuang dan yang bagus ditingkatkan,” ucap wanita kelahiran Tasikmalaya, 11 Februari 1971 ini.

Makna Imlek bagi warga Tionghoa memang menjadi momen untuk mengevaluasi diri atas apa yang telah dilakukan sebelumnya agar di tahun yang baru nanti mereka dapat menjadi lebih baik. Untuk itu banyak keluarga yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu selama Imlek bersama keluarga, seperti menikmati acara makan malam yang dilengkapi dengan beragam hidangan khas Imlek.

Kemudian, suami istri akan mulai bermaaf-maafan dan mengucapkan ‘Gong Xi Fat Chai’ kepada orang tua terlebih dahulu kemudian diikuti kepada anak-anak. Setelah ritual bermaafan, pasangan suami istri bisa memanfaatkan momen itu untuk bersilaturahmi dengan keluarga dekat dan jauh dari kedua belah pihak. Tentunya, tradisi ini bermanfaat untuk menumbuhkan keharmonisan di antara keluarga, tak hanya antara suami dengan istri, atau orang tua dengan anak, tetapi juga dengan seluruh keluarga lainnya.

Semoga dengan perayaan Imlek tahun 2016 ini membawa pembaharuan yang lebih baik dalam hubungan pasangan suami istri dan keluarga. Selamat menyambut tahun yang baru bagi Anda yang merayakannya.

 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami