Siasati Pertengkaran Anak dengan 3 Cara Ini
Sumber: Careacademy.com

Parenting / 20 January 2016

Kalangan Sendiri

Siasati Pertengkaran Anak dengan 3 Cara Ini

Theresia Karo Karo Official Writer
2727

Saat anak mulai mengerti arti persaingan dan rasa kepemilikan, satu hal yang sebaiknya diperhatikan para orang tua adalah pertengkaran antar saudara. Adik dan kakak mungkin enggan untuk mengalah dan berdamai.  Meski begitu, jangan panik! Orang tua bisa membantu mereka untuk menjaga keharmonisan dengan saudaranya lewat beberapa cara berikut:

Bukan menyalahkan mereka

Anak-anak belum cukup mampu untuk menyelesaikan masalah pertengkarannya sendiri. Mereka butuh bantuan orang tua untuk bisa menemukan solusinya. Bila selama ini hanya fokus pada siapa yang salah, baiknya sekarang pusatkan perhatian pada pemecahan masalah.

Berikan rasa aman pada anak

Hanya karena Si A adalah anak paling kecil, maka semua perhatian tertuju padanya. Jadilah orang tua yang adil, yang bisa memberikan perhatian dan kasih sayang seutuhnya. Karena dengan begini anak akan merasa aman dan tidak merasa iri terhadap satu sama lain.

Penghargaan atas kasih anak
Saat dia menunjukkan rasa empati dankasih sayang pada saudaranya, beri pujian dan pelukan hangat untuknya. Sehingga anak akan merasa bahwa rasa cinta dan cinta itu penting dalam persaudaraan.

Kecemburuan dan iri hati bisa menimbulkan perselisihan antar anak. Oleh sebab itu jangan bedakan kasih orang tua pada anak paling besar, anak tengah, dan anak paling kecil. Sehingga keharmonisan dan persaudaraan di antara anak-anak bisa terjaga.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.


Sumber : Okezone/Jawaban.com | Theresia Karo Karo
Halaman :
1

Ikuti Kami