Pentingnya Berikan Anak Mainan Tepat Sesuai Usia
Sumber: www.idiva.com

Parenting / 15 October 2015

Kalangan Sendiri

Pentingnya Berikan Anak Mainan Tepat Sesuai Usia

Lori Official Writer
4007

Untuk menunjang pertumbuhan dan kegemaran anak, ada baiknya melibatkan si kecil dengan berbagai alat permainan. Tetapi sebelum memberinya kebebasan bermain, sebaiknya pikirkan dulu jenis permainan apa yang tepat bagi anak sesuai dengan usianya. Karena jenis mainan yang tepat sangat berperan besar dalam menunjang tumbuh kembang anak.

Para orang tua bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

Sesuaikan permainan dengan usia anak

Memilih permainan anak juga tidak sembarangan lho orang tua. Anda patut tahu jenis mainan apa yang cocok sesuai dengan usia anak. Berikut tahapan permainan yang bisa dimainkan anak sejak susia dini:

Usia 15-18 bulan. Pilih permainan yang bisa mengeksplorasi lingkungan dan rasa ingin tahunya. Berikan benda-benda dapur atau buku suntuk diacak-acak, misal baskom, piring bergambar, buku warna, krayon dan permainan teka-teki.

Usia 2 tahun.   Di usia ini anak tentunya sudah berjalan dengan baik. Untuk mendorong kemahirannya, belikan anak mainan bola untuk dia bisa belajar berlari dan menangkap. Selain itu, anak juga bisa diajarkan mengembangkan pengetahuannya lewat alat musik dan menggambar.  

Usia 3-4 tahun. Di usia 3 tahun anak sudah bisa diajarkan tentang penggunaan tangan yang baik. Cobalah mengajarinya menggambar, menyusun puzzle, mencat dengan cat warna warni, dan membangun castle pasir. Sementara anak sudah lebih mahir dalam melakukan hal-hal yang menarik daya imajinasi dan saatnya bagi mereka untuk beraksi, misal dengan mengendarai sepeda roda tiga, mobil-mobilan dan seluncur-seluncuran.

Pilih mainan yang mendidik

Mainan yang mendorong anak untuk berpikir, bertindak dan berekspresi adalah jenis mainan yang scocok untuk anak usia balita. Misalnya:

- Mainan mobil-mobilan dengan bentuk unik dan warna cerah yang akan membuat anak terdorong untuk belajar berjalan. Mainan ini cocok untuk anak di usia 6 bulan.

- Musical instrument set (peralatan musik) dengan bahan bebas dari kandungan PVC dan phthalate, dan ukuran yang disesuaikan dengan usia anak. Peralatan musik ini bisa berupa bee hand, drum, fox tambourine, dan bee clacker. Mainan ini baik untuk anak usia 6 bulan ke atas.

- Roll-around rattle atau mainan karet dengan bentuk yang fleksible dan mudah dipegang. Misal, rattle bentuk burung hantu, landak, dan lebah berbahan karet bisa menunjang proses pertumbuhan gigi anak.

- Mix & match book menjadi salah satu mainan yang akan sangat menyenangkan balita. Anak bisa beraktivitas dengan buku yang dilengkapi dengan rattle ini. Anak bisa membalik halaman-halaman buku dan mencocokkan karakter yang ada sambil belajar tentang bunyi dan tekstur.

Baca label mainan sebelum membeli

Jangan asal sembarang membeli mainan karena tanpa disadari bahan dari mainan bisa mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan anak. Dengan itu, periksa label dan unsur yang terkandung dalam mainan. Waspadai mainan berbahan seperti Bisphenol A (BPA), PVC dan Phthalate. Baca juga label mainan, apakah mencantumkan aturan usia anak yang bisa memainkan mainan tersebut.

Hindari mainan bentuk tajam dan berbahan berat

Telitilah saat memilih mainan anak. Jangan sampai membeli mainan yang bisa melukai dirinya ataupun orang lain. Sementara mainan yang bertekstur keras pada anak balita karena bisa melukainya. Belilah mainan yang bertekstur lembut, bisa dicuci dan berbentuk unik yang aman bagi kesehatan dalam dan luar tubuh anak.

 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik DI SINI.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami