9 Kondisi Ruang Kerja yang Mampu Tingkatkan Produktivitas (Bagian 2)
Sumber: Jobs.id

Career / 12 August 2015

Kalangan Sendiri

9 Kondisi Ruang Kerja yang Mampu Tingkatkan Produktivitas (Bagian 2)

Lori Official Writer
5756

Hampir seluruh pekerja akan sepakat bila kondisi ruang kerja memiliki efek besar terhadap kinerja. Bagi pegawai kantoran, menghabiskan waktu 8 jam sehari di ruang kantor tentu membutuhkan sesuatu yeng berbeda guna tetap menjaga agar produktivitas kerja tetap berjalan dengan baik. Kondisi-konsidi ruang kerja di bawah ini menjadi dambaan setiap karyawan.  

6. Aroma ruangan

Seperti warna ruangan yang berperan besar terhadap produktivitas, aroma ruangan juga sama pentingnya untuk menjaga suasana hati dan pola pikir saat bekerja. Sehingga akan sangat penting ketika ruang kerja dipasang pewangi ruangan untuk bisa tetap terfokus pada pekerjaan.

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan: Jika perusahaan tempat Anda bekerja tidak menyediakan pewangi ruangan, berinisiatiflah untuk memasang pewangi ruangan sendiri di sekitar meja Anda. Biasanya aroma yang cocok untuk ruangan adalah aroma pine untuk kewaspadaan, cinnamon untuk meningkatkan fokus, lavender yang menimbulkan suasana santai, peppermint untuk meningkatkan suasana hati dan jeruk untuk membangkitkan semangat.

Jika Anda bekerja di rumah: Gunakan lilin aroma terapi atau minyak essential. Anda bisa juga menambahkan rempah-rempah untuk meningkatkan wangi ruang kerja Anda.

7. Tersedia ruang kerja serbaguna yang playful dan kolaboratif

Perusahaan teknologi populer seperti Google dan Dropbox menggunakan konsep ruang open-office. Mereka yakin bahwa inovasi timbul ketika karyawan bekerja secara massal. Model ruang ini dinilai bisa mendorong interaksi karyawan dibanding harus bekerja dibalik sekat-sekat meja kubik. Sementara itu, ruang juga dilengkapi dengan fasilitas hiburan seperti lapangan golf, meja ping-pong, perosotan atau ayunan.

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan:  Ketika Anda bekerja di perusahaan dengan suasana kolaboratif, akan sangat lengkap jika ruang kerja ditambah dengan area longue informal sebagai tempat yang bisa digunakan untuk berbincang atau brainstorming antar karyawan beda departemen. Dukung juga dengan menyediakan berbagai papan tulis atau kaca dan jendela yang bisa digunakan sebagai refleksi terhadap alam pikir.

Jika Anda bekerja di rumah: Anda tentu akan jauh lebih memiliki kendali penuh untuk menyusun ruangan sesuai dengan selera. Sehingga akan lebih nyaman ketika ruang kerja ditata sesantai mungkin. Menempatkan meja tepat dekat dengan jendela dan memiliki sebuah ruang kecil untuk kursi tamu dan ditambah dengan fasilitas olahraga lain yang Anda sukai.

8. Ruang kerja yang dipenuhi seni dan gambar motivasi

Salah satu cara menciptakan semangat diri untuk bekerja adalah adanya sugesti dari lingkungan sekitar. Salah satunya adalah dari gambar-gambar motivasi atau seni yang terpampang di dinding ruangan atau sekitar meja.

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan:  Berdiskusi dengan rekan sekerja untuk menata sekitar ruang kerja dengan berbagai gambar seni atau gambar motivasi yang bisa meningkatkan produktivitas kerja.

Jika Anda bekerja di rumah: Sebagian orang yang bekerja di rumah adalah orang-orang yang sangat kreatif, sehingga mereka menyukai corak-corak seni yang kreatif dan hidup. Untuk itu pilihlah beberapa karya seni yang paling Anda kagumi dan pasang di sekitar ruang kerja.

9. Ruangan yang tenang

Adalah umum bila setiap karyawan saling menghargai dan menghormati selama bekerja, misalnya dengan meminimalisir suara-suara bising selama bekerja. Memang sebagian karyawan mungkin ada yang mampu berkonsentrasi dalam situasi dan konsidi apapun itu, tetapi sebagian lain ada pula yang merasa terganggu. Untuk itu akan lebih baik bila ruangan dalam kondisi tertutup.

Jika Anda bekerja di perusahaan: Akan menjadi kendala besar jika ruang kerja dalam kondisi terbuka. Tetapi Anda bisa menyiasatinya dengan membuat peringatan seperti: Dilarang Ribut! Atau menjadi sangat bijak jika perusahaan mencantumkannya menjadi salah satu peraturan penting selama jam kerja.

Jika Anda bekerja di rumah: Rumah yang berada di sekitar jalan raya tentu akan sangat mengganggu bukan? Tetapi hal itu bisa diatasi dengan memasang vakum suara di ruangan Anda (jika memungkinkan). Atau buatlah ruang kerja yang agak sedikit jauh dari arah keramaian. Hal ini akan membantu Anda tetap fokus selama bekerja.

Percayalah ketika ruang kerja Anda tertata dengan baik dan membuat Anda nyaman, bekerja seharian penuh tidak akan menjadi membosankan. Sebab lingkungan sangat mendukung keseimbangan kerja antara bekerja keras dan bersantai di sela-sela waktu kerja.

 

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami