Apakah Anda Punya Teman Sejati?
Sumber: okepuisi.blogspot.com

Kata Alkitab / 8 July 2015

Kalangan Sendiri

Apakah Anda Punya Teman Sejati?

Puji Astuti Official Writer
5788

Saat ini jika seseorang berkata bahwa ia memiliki teman, artinya sangat kabur. Di sosial media seseorang bisa saja memiliki ratusan atau ribuan teman (friends), namun sebenarnya mereka hanyalah orang-orang yang sekedar kenal atau tahu namanya saja. Teman dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki dua persamaan kata, yaitu : kawan dan sahabat. Kawan atau sahabat adalah orang yang sudah lama dikenal dan sering berhubungan dalam hal tertentu. Namun dari antara banyak kawan dan sahabat itu ada yang masuk dalam kategori seorang teman kawan atau sahabat sejati. Apakah Anda memilikinya? Tahukah Anda seperti apa kriteria teman atau sahabat sejati itu?

1. Memiliki kedekatan

Seorang kawan atau sahabat tidak sekedar kenal namanya saja, namun mereka memiliki kedekatan dan saling tahu satu sama lain keadaan temannya. Mereka melakukan komunikasi, baik dengan sering bertemu atau dengan alat komunikasi modern saat ini seperti telephone.

Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. ~ Ibrani 10:24-25

2. Keterbukaan

Salah satu kualitas penting persahabatan adalah keterbukaan satu sama lain, karena tanpa kejujuran maka tidak mungkin bisa tumbuh rasa saling percaya. Untuk jika Anda ingin mengenali apakah Anda memiliki sahabat sejati di dalam hidup Anda, lihatlah dari keterbukaan antara Anda dengan mereka. Apakah Anda bisa jujur dan apa adanya dengan mereka, demikian juga sebaliknya, apakah mereka percaya dan terbuka kepada Anda.

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. ~ Yakobus 5:16

3. Kepedulian

Namun tidak berhenti pada tahu dekat dan terbuka saja, seorang teman sejati saling memperhatikan dan saling membantu satu sama lain saat sedang kesulitan. Mereka adalah orang-orang yang bisa Anda andalkan saat sedang mengalami masalah.

Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran. ~ Amsal 17:17

4. Bisa dipercaya

Jika Anda bisa terbuka dengan seorang teman, itu karena satu hal, dia bisa dipercaya dengan rahasia hidup Anda. Istilah anak sekarang, dia tidak "ember" atau membocorkan rahasia Anda kepada orang lain. Anda merasa aman dengannya.

Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman. ~ Amsal 28:20

5. Saling melengkapi

Orang yang dewasa adalah orang yang bisa hidup di bawah otoritas. Biasanya otoritas adalah orang yang diatas kita, namun namun seorang sahabat adalah otoritas yang sejajar dengan kita. Dia mengingatkan kita, menegur dan menasihati saat kita membutuhkan. Dia juga memberi semangat dan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah. ~ Amsal 27:6

Jika Anda memiliki teman dan sahabat dengan kriteria di atas maka Anda adalah orang yang sangat beruntung, karena sahabat sejati adalah harta berharga yang sangat mahal. Namun jangan hanya berharap orang menjadi sahabat sejati Anda, namun jadilah seorang sehabat sejati bagi kawan-kawan kita.


Anda diberkati dengan artikel ini, yuk share artikel ini di Facebook-mu dan ajak teman-temanmu untuk re-share link artikelnya. Semakin banyak yang re-share, semakin keren hadiahnya. Keterangan lebih lanjut, KLIK DI SINI

Sumber : Crosswalk.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami