Ketua PGI: CCA Selalu Berpihak Pada Umat Tertindas

Nasional / 20 May 2015

Kalangan Sendiri

Ketua PGI: CCA Selalu Berpihak Pada Umat Tertindas

daniel.tanamal Official Writer
3870
<!--[endif]-->

Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Konferensi Kristen Asia atau Conference Christian Asia (CCA) Pdt. Dr. Henriette Tabita Lebang MTh, mengatakan bahwa sejak didirikan, CCA selalu berpihak pada umat yang tertindas. Hal itu terlihat dari tahun dimana CCA didirikan yaitu 1957, tahun dimana negara-negara di Asia dan Afrika merdeka dari penjajahan.

“Sejarahnya memang CCA selalu berpihak pada yang tertindas. CCA berdiri di tahun dimana negara-negara Asia Afrika bebas, merdeka dari penjajahan. CCA melihat pada kasih Tuhan Yesus yang menyatakan dirinya datang ke dunia untuk orang yang sakit, berdosa, tertindas dan juga yang tertolak. Berdasarkan itu CCA dan gereja-gereja memberikan perhatian2 kepada umat yang tertindas,” katanya dalam konferensi pers di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Raby (20/05/2015).

Pendeta wanita pertama yang menjadi Ketua PGI ini juga mengatakan bahwa CCA akan memberikan rekomendasi kepada setiap pemerintah negara-negara terhadap masalah-masalah yang dirasakan oleg gereja perlu penyelesaian secepatnya. “Sidang pertama akan ada sesi public issue, dimana gereja-gereja akan mendaftarakan masalah2-masalah yang akan diusulkan untuk diperhatikan dan dikerjakan oleh setiap pemerintah di masing-masing negara. Tentunya jika ada yang mendaftarkan masalah-masalah di Indonesia, tentu nanti kita sampaikan kepada pemerintah,” tandasnya.

Perhelatan CCA ke-14 ini akan terselenggara pada 20 sampai 27 Mei 2015 dengan diikuti oleh 21 negara yaitu Selandia Baru, Australia, Bangladesh, Bhutan, Myanmar, Kamboja, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Laos, Jepang, Korea, Malaysia, Nepal, Pakistan, Filipina, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Timor Leste.

 


Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami