Usia Pasangan Menjamin Kelanggengan Pernikahan, Benarkah?
Sumber: health.liputan6.com

Marriage / 8 March 2015

Kalangan Sendiri

Usia Pasangan Menjamin Kelanggengan Pernikahan, Benarkah?

Theresia Karo Karo Official Writer
4754
Selain kemesraan, kesetiaan, kesabaran, dan finansial, ternyata masih ada satu faktor lain yang mendukung keharmonisan pernikahan. Penelitian terbaru menemukan faktor usia yang turut memainkan peranan penting dalam kelanggengan kehidupan rumah tangga.

Temuan yang dilansir dari laman Self ini mengemukakan bahwa pasangan dengan usia yang tidak jauh berbeda, berkesempatan lebih besar untuk mempertahankan pernikahannya.

Hasil ini didapat dari analisa 3.000 pasangan di Amerika Serikat yang baru menikah hingga yang telah bercerai. Pasangan beda usia 1 tahun memiliki risiko cerai 3 persen bila dibandingkan dengan mereka yang berusia sama. Sedangkan pada pasangan yang berjarak lima tahun, terdapat kemungkinan cerai sebanyak 18 persen.

Terakhir, mereka yang terpaut 10 tahun berisiko cerai sebesar 39 persen. Sehingga dari data ini, para peneliti menyimpulkan, bahwa semakin besar perbedaan usia maka semakin tinggi kemungkinan bercerai.

Meskipun begitu, data ini tidak lantas dipercaya 100 persen. Karena hubungan pernikahan merupakan proses, bukan hal yang bisa didikte hanya berdasarkan perbedaan usia. Semua kembali lagi kepada anda dan pasangan. Bagaimana anda berdua bisa saling bekerja sama dan  bersikap bijak untuk mencapai satu tujuan yang sama yakni kebahagiaan bersama.

Sumber : Metrotvnews/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami