5 Langkah Sederhana Mencari Pekerjaan di Luar Negeri
Sumber: www.santamonicaedu.in

Career / 13 February 2015

Kalangan Sendiri

5 Langkah Sederhana Mencari Pekerjaan di Luar Negeri

Puji Astuti Official Writer
7929

Dengan perkembangan ekonomi global saat ini, melirik pekerjaan di negara lain bukanlah hal yang mustahil. Bekerja di luar negeri bukan hanya akan membuat pendapatan Anda berlipat ganda, namun juga akan mendorong karir Anda naik dalam jangka panjang, terutama jika Anda mengincar posisi eksekutif. Banyak organisasi saat ini yang mencari kandidat dengan pengalaman dan cara pandang global dengan keahlian yang bisa membantu mereka untuk meningkatkan daya saing.

Jadi bagaimana caranya untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri?

1. Tentukan negara tujuan Anda

Anda bisa mencarinya melalui website penyedia tenaga kerja, atau juga melalui beberapa badan pemerintah yang melakukan kerjasama dengan negara sahabat seperti Kementerian Tenaga Kerja dan atau Kementerian Luar Negeri atau bahkan kedutaan serta konsulat. Carilah peluang sesuai dengan keahlian yang Anda miliki, cari lokasi yang spesifik baik negara maupun daerahnya.

2. Bandingkan

Jika Anda sudah menemukan negara tujuan dan juga lowongan pekerjaan yang tersedia, buatlah perbandingan dengan negara lain. Sandingkan dua negara tersebut berdampingan, lihatlah kelebihan dan kekurangannya seperti : gaji, asuransi kesehatan, akomodasi, transportasi, budaya lokal, kehidupan sosial, dan lain-lain.

3. Pertimbangkan tentang pajak dan aturan imigrasi yang ada di negara tujuan

Hal ini berkaitan dengan kewarganegaraan Anda dan aturan hukum yang berlaku baik dari negara asal maupun negara tujuan. Untuk wilayah Asia Tenggara beberapa sudah menerapkan bebas visa, namun untuk yang lain Anda perlu mengajukan visa kerja dengan berbagai persyaratan yang ketat. Hal ini karena beberapa negara memiliki standar yang tinggi bagi warga asing yang akan bekerja di negaranya.

Selalu periksa lebih dulu apakah ijin kerja dan visa Anda memenuhi syarat sebelum melamar pekerjaan. Jika tidak maka Anda akan melewati proses yang sulit yang akan membuat Anda frustrasi. Bahkan beberapa memakan waktu panjang mulai dari 6 hingga 8 bulan untuk proses pengajuan visa setelah seseorang mendapatkan tawaran kerja.

Selain itu sistem dan besaran pajak yang berlaku tiap negara berbeda-beda. Sangat penting mengetahui dengan jelas sistem perpajakan di negara tujuan anda.

4. Bangun jaringan atau temukan perusahaan penyalur tenaga kerja

Kebanyakan seseorang berhasil mendapatkan pekerjaan karena koneksi, baik itu kenalan, teman, rekan kerja atau saudara. Jika Anda ingin bekerja di luar negeri, perluaslah jaringan Anda, bangun pertemanan dengan orang-orang yang punya jaringan hingga ke luar negeri.

Jika Anda sulit atau memiliki jaringan pertemanan yang kecil, maka ada alternatif lain yaitu melalui sosial media. Bangunlah personal branding Anda, dan bangun pertemanan secara online dengan orang-orang yang potensial. Jika hal ini masih juga belum membuahkan hasil, maka Anda perlu mencari perusahaan penyalur tenaga kerja dengan jaringan internasional atau yang berada di negara tujuan Anda.

5. Kembangkan keahlian

Salah satu hal yang signifikan jika Anda bekerja di luar negeri adalah bahasa, jadi pastikan Anda menguasai bahasa negara tujuan Anda. Selain itu juga kembangkan keahlian yang dibutuhkan untuk lapangan pekerjaan yang menjadi target Anda. Jika perlu bangun portfolio yang berhubungan dengan keahlian Anda itu.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba tips di atas dan mencoba keberuntungan Anda? Atau bahkan mungkin Anda sudah mencobanya dan telah mengalami sendiri bekerja di negara lain? Mari berbagi pengalaman dan saling memberkati melalui kolom komentar di bawah ini.

Sumber : Theundercoverrecruiter.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami