Anak Terlalu Aktif Berbicara, Atasi Dengan Ini

Parenting / 12 December 2014

Kalangan Sendiri

Anak Terlalu Aktif Berbicara, Atasi Dengan Ini

daniel.tanamal Official Writer
2214

Parents, setiap anak yang aktif menunjukkan bahwa kondisi mereka sehat. Namun jika anak terlalu aktif berbicara, orangtua justru sering menghadapi kesulitan. Berikut ini, kami jabarkan mengenai solusi dalam menangani anak yang terlalu aktif berbicara, sebagaimana dilansir dari Boldsky, Kamis (27/11/2014).

 

Berbicara dan mendengarkan

Jangan pernah mencegah anak yang aktif berbicara. Anda perlu mengajari mereka mengenai konsep mendengarkan. Ketika mereka berbicara Anda dapat mendengarkan, begitupun sebaliknya. Ketika Anda berbicara dengan anak, pikirkanlah topik menarik bagi mereka.

Bersabar

Sabar adalah kuncinya. Tidak diragukan lagi bahwa anak Anda ingin mengetahui segala sesuatu di sekitarnya. Ini adalah alasan mengapa mereka terus berbicara dan mengajukan pertanyaan. Salah satu tips yang paling penting untuk orangtua dalam menghadapi anak yang aktif berbicara adalah tetap tenang. Teruslah menjelaskan b anyak hal pada mereka, tidak peduli seberapa sering mereka bertanya kepada Anda.

Waktu untuk diam

Anda perlu mengajarkan kepada anak betapa pentingnya untuk diam. Cara melakukannya, Anda bisa mengajak anak ke perpustakaan atau memiliki jam khusus untuk diam. Dengan cara ini, anak akan belajar dari Anda dan orang lain bahwa berbicara tidaklah selalu diperlukan. Anda bisa memulai jam diam selama 10 menit untuk permulaan .

Alihkan energi

Sebagai orang tua, Anda menyadari bahwa anak memiliki energi dalam jumlah yang besar. Tidak diragukan lagi bahwa mereka perlu menguras energi. Salah satu tips mengasuh anak yang aktif berbicara dalah dengan melibatkan mereka berbicara banyak dalam satu waktu. Anda bdapat mengalihkan energi mereka untuk kegiatan fisik lainnya seperti bermain di taman atau melibatkan mereka dalam seni dan kerajinan.

Membaca

Ini bisa menjadi salah satu acara untuk membuat anak mengurangi kebiasaan aktif berbicara. Anak-anak suka berbicara mengenai banyak cerita. Sehingga, mereka juga menikmati bacaan mengenai cerita baru. Hal ini berlaku bagi anak yang berusia di atas tiga tahun. Dengan metode ini, Anda dapat mengajarkan pentingnya membaca kepada anak.

 

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami