Pentingnya Kedekatan Anak dan Orang Tua

Pelayanan Anak / 25 September 2014

Kalangan Sendiri

Pentingnya Kedekatan Anak dan Orang Tua

Hevi Teri Official Writer
3192

Kedekatan antara orang tua dan anak sangat penting agar bisa terjalin dengan baik. Dengan kedekatan / hubungan emosi yang terjalin dengan baik, maka sang anak pun akan lebih mudah dinasihati saat berbuat kesalahan. Berbeda dengan orang tua yang tidak memiliki kedekatan dengan orang tua. Dia akan lebih suka mendengarkan kata-kata orang lain, daripada orang tuanya. Lebih parah lagi, dia tidak mau mendengarkan kata-kata orang lain, karena tidak ada yang bisa mengerti dia.

 

Itulah sebabnya, hubungan emosi antara orang tua dan anak perlu dibangun sejak dini. Banyak orang tua karena berbagai sebab, tidak memiliki kedekatan emosi dengan sang anak. Saya akan memberikan beberapa tips agar kita bisa lebih memperhatikan hal-hal kecil yang sering kita anggap sepele, namun bisa menjadi hal yang penting dalam membangun hubungan emosi antara anak dan orang tua.


1. Memanfaatkan liburan bersama anak secara efektif

Saat liburang adalah saat yang paing baik bila kita bisa memanfaatkan dengan baik pula. Karena kita bisa meluangkan waktu bersama anak seharian penuh, tanpa ada alasan lelah atau sedang sibuk. Manfaatkan liburan untuk bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah kita lakukan pada anak. Misalnya bermain bersama anak, nonton TV bersama anak, jalan-jalan ke mall bersama anak, jalan-jalan ke tempat wisata bersama anak, dan lain-lain. Yang terpenting di sini adalah kita bisa membangun suasana santai dan ceria, sehingga anak bisa mengekpresikan segala perasaannya kepada kita.


2. Memanfaatkan waktu pulang kantor dengan baik

Waktu pulang dari kantor adalah juga saat yang baik untuk membangun hubungan emosi dengan anak. Saya sendiri pernah merasakannya. Kalau sedang kangen berat sama bunda, dulu saya sering ikut ayah untuk menjemput bunda di kantor. Saya merasa senang sekali, karena setiap saya ikut menjemput bunda, saya pasti diajak makan bersama. Itu hanyalah salah satu contoh. Setiap kita pulang dari kantor, hal yang harus pertama kita lakukan adalah menemui anak. Setelah itu, kita bisa memanfaatkan waktu teresebut untuk membangun kebersamaan dengan anak. Entah dia sedang belajar atau sudah tidur, alangkah lebih baik pertama-tama kita menemui sang buah hati. Hal yang paling saya rasakan dalam hal ketulusan cinta seorang bunda adalah saat saya pura-pura tidur, bunda datang dang mencium pipi dan kening saya sepulang dari kantor. Dengan hal kecil yang beliau lakukan, saya bisa merasakan kasih beliau yang tidak pura-pura dan sangat tulus.


bersambung ...

sumber : BPK Penabur Jakarta

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami