Tertawalah Bersama Anakmu

Parenting Superbook / 2 June 2014

Kalangan Sendiri

Tertawalah Bersama Anakmu

Zakarias Feoh Official Writer
1651

Sejauh mana hubungan antara  orang tua dan anak ?  Bagaimana kualitas hubungan antara orang tua dan anak  ?  Hal ini perlu diperhatikan dengan baik sebab, relasi orangtua dan anak dibangun di atas kepingan-kepingan pengalaman hidup bersama. Kepingan yang indah dan positif akan menjadi fondasi kuat bagi pembentukan diri anak dan perekat bagi relasi orangtua dan  anak. Tertawa dengan anak merupakan upaya orangtua untuk membagi pengalaman hidup yang menyenangkan dengan anak. Tinggal sejauh mana orang tua bisa menggunakan setiap pengalaman tersebut untuk menciptakan kenangan bersama anak yang nantinya terus diingat. 

Ada beberapa kesempatan dapat digunakan oleh orang tua untuk menciptakan pengalaman yang baik  ;

1. Menyediakan pengalaman yang menyenangkan hati anak, misalnya mengajak anak pergi ke tempatwisata dan bermain bersama anak di sana. Pada intinya terpenting bukanlah sekadar mengajak anak pergi melainkan menghabiskan waktu bersamanya di sana.

2. Memberikan hadiah bagi  anak. Di sini terpenting adalah unsur kejutannya yakni menghadiahkan sesuatu yang tidak terduga pada waktu yang tak terduga pula. Jangan terikat pada sistem imbalan belaka, sekali-sekali berikanlah sesuatu yang menyenangkannya tanpa harus dikaitkan dengan perbuatannya.

3. Rayakanlah hari bersejarahnya, misalnya hari ulang tahun, hari kenaikan kelas, hari  kemenangannyadalam pertandingan, dan sebagainya. Ada perbedaan yang besar antara pergi pada hari "biasa" dan hari "luar biasa."

4. Bercandalah dengan anak, misalkan menirukan gerakan tokoh tertentu atau menceritakan pengalaman yang lucu, atau menertawakan guyonan anak.

5. Masaklah makanan kesukaannya dan katakanlah bahwa kita memasaknya untuk dia. Ada perbedaan besar antara membelikan dan memasakkan makanan kesukaannya.

6. Tertawakanlah kekalahannya, bukan dalam pengertian melecehkannya melainkan dalam   pengertian,mengajarnya untuk tidak tenggelam dalam dirinya sendiri. Orang yang sehat adalah orang yang dapat menertawakan kekalahannya.

7.  Menyediakan waktu yang khusus bagi anak,  misalnya bukan waktu libur tetapi orang tua sengaja mengambil waktu cuti, dan katakan bahwa hari itu special buat anak.

Nikmatilah kebersamaan bersama dengan anak, apapun dan dalam keadaan yang bagaimanapun.   Alkitab memberi pesan kepada kita semua bahwa hendaklah  kamu,  "Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang." (Filipi 4:4-5)

 

 

Sumber : sabda org, berbagai sumber, zf
Halaman :
1

Ikuti Kami