Kekasih Pastur Minta Paus Kaji Ulang Hukum Selibat
Sumber: huffington post | Getty Images

Internasional / 21 May 2014

Kalangan Sendiri

Kekasih Pastur Minta Paus Kaji Ulang Hukum Selibat

Lori Official Writer
4955

Sebanyak 26 orang wanita yang mengaku jatuh cinta dengan pastur menyurati Paus Fransiskus terkait permohonan pengkajian hukum selibat bagi seorang Pastur, seperti aturan di Gereja Katolik.  

Dalam 26 surat itu, mereka mengaku menderita dan sedih atas diberlakukannya hukum melajang kepada pastur gereja Katolik. Surat yang telah diterbitkan di media Italia itu diawali dengan bunyi, “Yang mulia Paus Fransiskus, kami adalah sekelompok wanita dari seluruh Italia (bahkan lebih banyak lagi), menulis kepada Anda untuk memecahkan dinding keheningan dan ketidakpedulian yang kita hadapi setiap hari. Masing-masing dari kita telah dan akan menjalin hubungan dengan seorang Pastur, kami saling mencintai”.

Seperti diberitakan, Paus Fransiskus masih belum menanggapi surat tersebut. Sementara pemuka gereja menyatakan dengan tegas bahwa hukum selibat tidak dapat diubah dari peraturan Gereja Katolik. Pasalnya telah menjadi salah satu syarat bagi seseorang yang memutuskan untuk menjadi pastur dan suster sejak 1000 tahun silam.

Namun isu ini kemungkinan akan diangkat dalam pertemuan para uskup se-dunia pada bulan Oktober nanti di Vatikan. Para pendukung perubahan hukum ini berharap agar pastur diizinkan menikah sama seperti di gereja-gereja lain.

Menilik dari sejarah penerapan peraturan hukum selibat di Gereja Katolik, bahwa pada dasarnya aturan ini diberlakukan karena gereja hendak mengajarkan bahwa para pelayan gereja patut serupa seperti hidup Yesus Kristus yang suci. Sehingga untuk menjadi pelayan, para imam diwajibkan untuk tidak menikah demi mengikuti teladan Yesus Kristus yang ‘menikah’ dengan Gereja sebagai ‘mempelai Kristus’.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Alihkan Kejenuhan Kerja Dengan Wisata Rohani Ini!

Presiden Korsel Tangisi Tragedi Sewol

Kisah Pertobatan Wanita Titisan Nyi Roro Kidul

Suara Golkar Pecah Gara-gara Jusuf Kalla

Surya Paloh Sebut Jusuf Kalla Kombinasi Ideal Jokowi

Sumber : BBC/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami