Bahan-bahan Makanan yang Mudah Terserang Bakteri dan Virus (2)

Gizi & Nutrisi / 17 May 2014

Kalangan Sendiri

Bahan-bahan Makanan yang Mudah Terserang Bakteri dan Virus (2)

Budhi Marpaung Official Writer
5879

Pada artikel bagian pertama, kita telah mengetahui lima dari sepuluh bahan makanan yang mudah terserang bakteri dan virus. Adapun kelima bahan makanan yang dimaksudkan antara lain daging setengah matang, kerang dan tiram, tuna, tomat, dan sayuran hijau.

Sebagai lanjutan dari artikel yang sudah dipublikasikan pada 3 Mei 2014 lalu tersebut, berikut Jawaban.Com sebut dan uraikan 5 bahan makanan lain yang mudah terserang bakteri dan virus.

6. Kubis

Pada umumnya, biji kubis tumbuh di kondisi lembab panas. Tempat seperti ini adalah tempat yang sangat disukai oleh bakteri E coli dan Salmonella. Dalam beberapa kasus, tanaman kecambah juga dapat terserang apabila tidak ditanam secara tepat.

7. Telur

Sepertinya halnya kubis, telur juga berpotensi terserang Salmonella. Bakteri ini kerap ditemukan di bagian luar cangkang telur dan dibawa melalui induk ayam sebelum telur membentuk cangkangnya.

8. Es krim

Meski lezat, ternyata es kirim adalah minuman yang termasuk berbahaya untuk dikonsumsi manusia. Apa alasannya? Alasan yang pertama adalah karena es krim merupakan sumber umum dari Salmonella. Bakteri ini dapat hidup dan menyebar karena sebelumnya dibawa oleh telur yang merupakan salah satu bahan dari pembuatan es krim.  Telur yang menjadi pembawa Salmonella biasanya memang sebelumnya sudah terkena terlebih dahulu.

Selain Salmonella, dalam es krim terdapat satu bakteri lain yang disebut Listeria. Bakteri Listeria sangat berbahaya bagi ibu hamil dan biasanya ini tersembunyi di mesin es kriim yang berasal dari susu sapi yang sudah terkontaminasi.  

9. Keju

Dibandingkan kubis, telur, dan es krim, bakteri salmonella lebih sering ditemukan di keju, terutama keju lunak yang digunakan sebagai bahan dasar membuat es krim.

10. Susu Pasteurisasi

Walaupun telah dipanaskan beberapa waktu lamanya untuk membunuh organism merugikan seperti bakteri, virus, protozoa, kapang, dan khamir, tetapi pada kenyataannya susu pasteurisasi masih bisa terinfeksi bakteri seperti E coli, Salmonella dan Listeria.

Demikian bahan-bahan makanan yang dapat membuat Anda keracunan bakteri dan virus. Semoga dengan adanya pengetahuan baru ini, Anda dapat selalu memerhatikan masakan Anda dan memastikan semuanya telah diolah secara higienis.

Selamat hidup terbebas bakteri dan virus!

 

Baca juga: 

Bahan-bahan Makanan yang Mudah Terserang Bakteri dan Virus (1)

 Menang atas Peristiwa Buruk

Dokumentasi Kopdar Forum JC 3 Mei 2014

Album Bapa Selidiki Hatiku Stefano Sanjaya, Bukan Asal Jadi! 

Ketika Anak Memutuskan Ingin Menikah Muda

Sumber : polahidupsehat.web.id / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami