Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
2773


Masih ingat tidak masa kecil dulu ketika kita dibelikan celengan mungil oleh orang tua kita? Ya, secara tidak sadar kita sudah diajarkan menabung loh. Kebiasaan itu ternyata sangat penting bagi anak sebagai pembentukan karakternya.

Seorang ahli psikologi dan pendiri Personal Growth, Ratih Ibrahim menyampaikan bahwa saat menabung, anak mulai mengenal angka, belajar menahan diri, dan memahami mana yang jadi prioritas. Ketika anak mengenal uang, mereka akan lebih menghargai uang dan belajar menghitung nominalnya.

Lalu kapan dan bagaimana orang tua mendidik sang buah hati untuk menabung?

Mulai saat anak berusia satu tahun

Ratih menuturkan bahwa waktu yang paling tepat untuk memperkenalkan uang kepada buah hati adalah ketika sudah beranjak usia satu sampai tiga tahun. Kemudian, tanamkan perilaku menabung dengan celengan lewat uang koin atau kertas sejak usia enam tahun atau ketika sudah beranjak sekolah dasar.

Didik anak tentang kegunaan uang

Agar anak Anda semakin menghargai uang, maka bicaralah secara terbuka tentang nilai uang lewat pengalaman anda, baik saat belanja atau membei susu si kecil. Ajar mereka untuk mengetahui nilai uang dan kegunaannya serta konsekuensi ketika boros menggunakan uang. Ajak mereka untuk semakin mengenal uang dan jawablah setiap pertanyaan itu, sekalipun terdengar konyol.

Ajak anak untuk mulai menabung

Bila anak Anda sudah sekolah dan Anda selalu memberinya uang saku atau uang jajan, maka ingatkan dia untuk dapat menyisihkan sebagian dari uang tersebut agar ditabung di dalam tiga celengan berbeda, satu untuk tabungan, satu untuk sumbangan amal dan satu untuk belanja. Hal ini akan menumbuhkan rasa tangung jawab di dalam dirinya.

Buka tabungannya sendiri di Bank

Setelah Anda merasa bahwa anak Anda sudah siap untuk memiliki buku tabungan sendiri, maka mulailah membuka satu tabungannya sendiri di Bank. Sehingga anak dapat belajar bagaimana mereka dapat memanajemen uang.

Jadilah contoh manager uang yang baik

Bila anda ingin anak Anda ssemakin menghargai uang, maka mulailah menjadi manager keuangan yang bertanggung jawab dengan membayar tagihan dengan tepat waktu, tidak boros belanja, hemat dan penabung yang aktif. Tak dimungkiri perilaku orang tua tentu akan ditiru oleh sanak-anaknya.

Bagaimana para orang tua, apakah mendidik anak untuk menabung sesulit yang anda pikirkan? Hal ini sangat banyak manfaatnya bagi masa depan anak Anda juga di kemudian hari. Selamat memulai menerapkan kebiasaan baik ini kepada anak-anak terkasih Anda.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Waspadalah Saat Anda Jadi Ibu yang Dominan

Bentuk Cinta Orang Tua yang Dibutuhkan Anak

Tindakan Orang Tua yang Disesalkan kepada Anak

Anak Telat Menikah, Bagaimana Menyikapinya?

Sumber : ABA/Jawaban.com/LS

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Arfan Saputra 15 October 2019 - 19:43:11

Apa dampak positif dan negatif si penyelamat jalan

0 Answer

Erick Amleni 14 October 2019 - 19:39:37

Yesaya Yeremia

0 Answer

Sarah Pillay 14 October 2019 - 19:37:17

The pilgrim’s progress

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 2


7268

Banner Mitra Oktober Week 2