Pertajam Ingatan Dengan Apa Yang Anda Makan

Gizi & Nutrisi / 28 January 2014

Kalangan Sendiri

Pertajam Ingatan Dengan Apa Yang Anda Makan

Puji Astuti Official Writer
6416

Makanan bukan sekedar membuat kenyang, hal ini tentu harus disadari semua orang. Nutrisi dalam makanan adalah untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi seluruh organ tubuh. Menjadi sehat, bebas dari penyakit, bebas kerutan pada kulit, dan juga cerdas serta memiliki ingatan yang tajam berhubungan dengan semua yang kita makan dan minum.

Sebaiknya makanan yang Anda pilih adalah makanan organik, bebas pestisida, bahan pengawet, pewarna dan bahan kimia berbahaya lainnya. Selain itu pastikan makanan Anda bukan hasil organisme rekayasa genetik atau (genetically modified organisms - GMO). Beberapa situs menyarankan beberapa makanan ini dan menyebutnya sebagai "makanan super untuk otak" yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk diet Anda :

1. Telur

Telur mengandung choline, vitamin B yang memegang peran penting dalam fungsi otak dan ingatan. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, dari 1400 pria dan wanita yang ikut menjadi subjek penelitian, mereka yang memakan makanan mengandung chonline menunjukkan kemampuan ingatan dan verbal yang lebih baik saat menjadi tes.

Selain itu telur juga mengandung protein berkualitas tinggi, nutrisi yang membantu kita berkonsentrasi dengan menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Anda dapat mengolah telus menjadi makanan lezat dengan mudah, mulai dengan membuat omelet atau telur dadar, merebusnya, telur setengah matang hingga telur mata sapi untuk sarapan pagi.

2. Gandum utuh

Gandum utuh juga kaya akan vitamin B, jadi gandum utuh yang diolah menjadi roti atau bubur gandum sangat sehat karena tubuh kita dapat dengan mudah mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Anda bisa mengkombinasikan karbohidrat dengan protein untuk meningkatkan energi dan kemampuan mental, bentuknya bisa berupa sandwich telur, daging atau ikan tuna.

3. Buah-buahan : anggur, apel dan alpukat

Anggur mengandung antioksidan untuk melawan stres, dan berhubungan dengan gen yang melawan penuaan dini serta penurunan fungsi otak. Buah anggur bisa ditambahkan dalam oatmeal maupun dijadikan smoothie. Bahkan minuman anggur pun memberikan dampak bagi kesehatan yang cukup signifikan dengan kadar yang secukupnya.

Buah apel kaya akan quercetin, sebuah antioksidan yang melindungi sel otak. Berdasarkan riset dari Cornell University, quercetin melindungi otak kita dari serangan radikal bebas.

Alpukat adalah buah yang kaya akan vitamin E dan juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang berperan penting untuk kesehatan aliran darah. Akibatnya aliran darah ke otak akan lancar dan meningkatkan fungsi kognitif kita.

Berbagai penelitian telah dilakukan dan menemukan hubungan tentang apa yang kita masukkan kedalam mulut dengan kemampuan berpikir dan mengingat. Makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi, lebih dari empat gram dalam satu jam dapat meningkatkan kolesterol jahat pada darah, yang akan menempel di pembuluh darah yang akhirnya menghambat aliran darah dan oksigen ke otak. Hal tersebut membuat kemampuan otak menurun bahkan beresiko mengalami stroke. Jadi, perhatikan apa yang Anda makan ya. Kurangi lemak jenuh, gula dan juga bahan-bahan kimia seperti pengawet dan pewarna agar kita sehat dan juga ingatan tetap tajam hingga masa tua kita.

Baca juga artikel lainnya :

Jangan Biarkan Otak Rusak karena Kerja Berlebihan!

Ternyata Pilihan Kata Dapat Ubah Fungsi Otak

Bahaya Stres Bagi Otak

Juan Mata: Pindah Ke MU Adalah Pilihan Terbaik

Join IMAGO Festival 2014   

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami