Guru Besar Teologi : Roh Kudus Bekerja Melampaui Sekat Gereja
Sumber: dancurtisreed.com

Internasional / 5 November 2013

Kalangan Sendiri

Guru Besar Teologi : Roh Kudus Bekerja Melampaui Sekat Gereja

Budhi Marpaung Official Writer
5982

Guru besar teologi dari Universitas Leeds Trinity, Profesor Kirsteen Kim, mengatakan bahwa dokumen Together Towards Life : Mission and Evangelism in Changing Landscapes yang merupakan salah satu dokumen penting hasil Sidang Raya ke-10 Dewan Gereja Sedunia (World Council Church / WCC) di Busan, Korea Selatan, didasarkan kepada pemahaman teologis mengenai karya Roh Kudus (pneumatologi) yang melampaui sekat-sekat gereja.

“Roh Kudus bekerja tidak hanya di dalam gereja,” ujar Kirsteen dalam konferensi pers WCC ke-10, Senin (4/11).

“Sebagai Roh Allah sendiri, karya-Nya melampaui sekat gereja, dan bahkan agama. Itu sebabnya dalam dokumen misi ada dorongan kuat bagi kerjasama bukan saja antar-gereja, tetapi juga antar-agama di dalam memperjuangkan keadilan dan perdamaian,” sambungnya. 

“Sebab kita hanya mengetahui kebenaran Allah sepotong saja, seperti potongan puzzle, bukan memonopoli seluruh kebenaran-Nya,” jelas Kirsteen. “Kita tidak dapat mengklaim bahwa hanya orang Kristen yang mengetahui kebenaran Allah!” tandasnya. 

WCC sendiri selaku pihak yang mengeluarkan dokumen Together Towards Life menyatakan bahwa Matius 28 yang menjadi rujukan gereja dalam melaksanakan misi selama ini memang sudah seharusnya dilihat secara kontekstual.

“Pada masa itu, bangsa-bangsa yang dirujuk Matius adalah kelompok marjinal, orang-orang jajahan. Kepada merekalah Yesus menyuruh murid-murid-Nya untuk mengabarkan Injil, yakni menjadikan mereka subyek yang merdeka,” ungkap Jooseop Keum, teolog asal Korea Selatan yang juga adalah staf WCC. 

“Karena itu, bagi saya teks Matius 28 sangat revolusioner. Yesus memerintahkan kita untuk memperjuangkan mereka yang waktu itu dimarjinalkan oleh kekaisaran Romawi. Itu pula misi kita sekarang,” pungkas Jooseop Keum.

Sesuai dengan berjalannya waktu, para teolog dan tokoh Kristen akan menemukan lagi dan lagi hal baru berkenaan dengan misi gereja di dunia. Kita tidak perlu pusing dengan hal itu. Sebaliknya, kita lakukan saja apa yang menjadi perintah Yesus yakni memberitakan kabar baik, menjadikan murid, dan membaptis orang-orang di dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus.  


Baca juga : 

Perkara Penting di Balik Menerima Roh Kudus

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI

Berkat yang Indah

Above All, Album Gospel yang Dikemas Menarik Oleh Oslo Gospel Choir

Judika, Penyanyi Sukses yang Pernah Jadi Tukang Tambal Ban

Sumber : satuharapan.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami