Sudah Siap Menjadi Seorang Ayah? Ini Tipsnya
Sumber: Visualphotos.com

Marriage / 6 June 2013

Kalangan Sendiri

Sudah Siap Menjadi Seorang Ayah? Ini Tipsnya

Puji Astuti Official Writer
10151

Mempersiapkan diri menjadi orangtua untuk menghadapi kelahiran anak pertamanya bukan hanya tugas seorang ibu, seorang suami pun perlu mempersiapkan diri baik secara fisik maupun psikis untuk menjadi ayah.

Sebagai seorang calon ayah, pasti Anda bersemangat menantikan kehadiran buah hati ke dunia ini. Namun menghadapi sebuah perubahan yang cukup signifikan dalam kehidupan rumah tangga tidaklah selalu mulus, untuk itu Anda perlu mempersiapkan diri. Berikut adalah beberapa tips bagi para suami untuk mempersiapkan diri menjadi seorang ayah :

1. Mulailah libatkan diri sejak awal kehamilan untuk mengenal bayi Anda

Dalam banyak rumah tangga, istri mengambil peran terlalu besar dalam masa-masa kehamilan hingga membesarkan buah hati, sebaliknya ayah hanya melakukan apa yang perlu dan kemudian seperti menjauhkan diri.

Tapi tahukah Anda, sebagai calon ayah sangat penting untuk mengambil tanggung jawab dan juga berinteraksi dengan bayi selama kehamilan. Mulailah dengan mengantarkan si ibu ke dokter, meminta penjelasan mendetail tentang keadaan bayi, hingga berkomunikasi dengan janin yang masih ada di perut ibunya. Penelitian membuktikan bahwa bayi dalam kandungan dapat mendengarkan dan berinteraksi dengan orangtuanya. Nyanyikan lagu atau bacakanlah cerita untuk buah hati Anda, hal itu akan membangun ikatan dengan si buah hati ketika ia telah lahir nantinya.

2. Lihatlah waktu untuk menantikan kelahiran ini sebagai waktu untuk belajar

Di negara-negara barat sangat lazim pasangan muda mengikuti kelas parenting, hal ini sangat membantu karena akan diajarkan a hingga z tentang mempersiapkan diri menjadi orangtua. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, Anda bersama pasangan bisa belajar melalui artikel yang Anda dapat diinternet, buku atau bahkan berdiskusi dengan orangtua atau saudara yang telah berpengalaman.

3. Bangun komunikasi yang intensif dengan instri Anda

Sebagai wanita yang baru pertama kali mengandung dan menghadapi banyak perubahan baik secara fisik, hormonal dan juga psikis, masa-masa kehamilan bukanlah hal yang mudah baginya. Tolonglah dia dengan intensif menjaga komunikasi dengannya. Yakinkan pasangan Anda bahwa Anda peduli dengan keadaannya dan selalu siap untuk membantunya. Lihatlah bahwa kondisi ini sebagai sebuah perjalanan petualangan yang Anda berdua lalui bersama.

4. Atur keuangan Anda dengan baik

Mulai dari kehamilan, kelahiran hingga mulai menyusui, banyak gaya hidup Anda yang akan berubah. Untuk itu sangat penting mengatur anggaran keuangan sebaik mungkin. Persiapkanlah anggaran yang tak terduga. Selain itu komunikasikan dengan orangtua Anda dan pasangan atau keluarga dekat dan teman jika ingin memberikan hadiah diharapkan sesuai dengan kebutuhan bagi bayi Anda.

Masa persiapan kelahiran buah hati Anda dapat memperkuat hubungan Anda dengan istri. Untuk itu nikmati dan hargailah setiap momennya. Undang Tuhan untuk terlibat dalam setiap situasi, maka Anda akan melihat banyak hal indah terjadi, bahkan yang diluar pengharapan Anda. Selamat menjadi ayah, sahabat!

Baca juga artikel lainnya :

Tips Mencegah Kakak Cemburu pada Adiknya

Ibu Bayi Yang Tersangkut di Saluran Toilet Lolos Dari Hukuman

Kisah Nyata Cindy dan Penyakit Adiknya

Membuktikan Janji Pernikahan, Mencintai Saat Sakit Maupun Sehat

Merry Riana : Jelilah Dalam Melihat Kesempatan

Sumber : Berbagai sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami