Hei Single, Kelola Emosi Marah Anda !
Sumber: google.com

Single / 6 April 2013

Kalangan Sendiri

Hei Single, Kelola Emosi Marah Anda !

Budhi Marpaung Official Writer
5946

Janganlah lekas-lekas marah dalam hati, karena amarah menetap dalam dada orang bodoh. (Pengkhotbah 7:9)

Beberapa pekan lalu saya membaca sebuah berita dimana ada seorang pria yang dengan tega membakar pacarnya karena dibakar cemburu. Jujur saya cukup kaget, karena alasan pelaku melakukan hal itu kepada pasangannya sangatlah sepele. Namun saya menyadari bahwa persoalan utama dari kejadian tersebut adalah pelaku tidak dapat menahan emosi marahnya.

Harus diingat bahwa sebenarnya tidak ada yang salah dengan marah. Justru akan menjadi aneh dan mengerikan apabila seseorang tidak pernah marah. Hanya saja kita perlu menyadari sejauh mana kita harus marah dan pada kondisi apa kita harus meluapkannya.

Jika pada setiap situasi, Anda naik darah dan mencak-mencak kepada orang di dekat Anda, itu salah. Namun, bila Anda melakukan di saat-saat tertentu dan dibarengi dengan sikap pengendalian diri maka itu benar.

Pengkhotbah di Alkitab menulis “Janganlah lekas-lekas marah dalam hati, karena amarah menetap dalam dada orang bodoh.”.

Orang yang bisa mengatur marahnya tidak akan dipengaruhi oleh emosi. Ia tidak bakal menjadi kebablasan. Biasanya orang-orang seperti ini enggan melampiaskan marahnya dengan cara menyakiti orang lain. Kalau pun dia tersakiti, pelampiasannya bukanlah dengan memukul atau meludahi atau melakukan tindakan-tindakan melukai, melainkan dengan meluapkan kata-kata yang memperlihatkan kesedihan ataupun kekecewaan.

Menjadi persoalan tentu bila ada diantara Anda yang merasa bahwa ‘tempramen saya udah begini : meledak-ledak, mudah tersulut, mudah terpancing memukul, dan tidak mungkin saya bisa mengubahnya’. Sebenarnya dengan Anda merasa seperti itu, Anda sudah membentengi diri untuk berubah. Padahal faktnya tidak ada di dunia ini yang tidak bisa berubah.

Selama Anda mau, berkomitmen melakukannya maka Anda bisa berubah. Berdoalah pada Tuhan dan minta Roh Kudus untuk memampukan Anda menjalani proses tersebut hari demi hari. Selama tidak menyerah dan taat dengan suara-Nya, Anda pasti mampu menjadi orang yang dapat mengelola emosi marah Anda.

Baca juga :

Prediksi Liga Champions 2013 : Manchester United vs Real Madrid

Jokowi Jadi Ikon Kampanye Antikekerasan Seksual Pada Anak-Anak

Tuhan Pasti Buka Jalan

Inilah Jadwal Perempat Final Liga Champions 2013

Inilah Pesan Paskah PGI Tahun 2013 (1)

The Way You Love Me

Sumber : Jawaban.Com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami