Paus Fransiskus: Tokoh yang Akan Menyatukan Gereja

Internasional / 20 March 2013

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus: Tokoh yang Akan Menyatukan Gereja

Zee Official Writer
6577

Para tokoh ternama katolik di Amerika memuji Paus Fransiskus sebagai seorang pemimpin rohani yang sesuai dengan jaman sekarang. Ia memiliki kemampuan untuk menyatukan dan memperbaharui gereja katolik.

“Sebagai seseorang yang bisa memberitakan Injil Kristus dengan berani dan percaya diri, namun juga rendah hati, Sri Paus sangat cocok dengan waktu dan situasi yang saat ini sedang berlangsung,” kata seorang cendekiawan katolik, Robert P. George.

Ia mengacu pada ajaran-ajaran Paus yang teguh mengenai kepedulian kepada orang miskin dan menurut pengamatannya, Paus adalah seorang yang melawan homoseksual dan pernikahan sejenis, namun menunjukkannya secara rendah hati dan penuh kepedulian.

Sebagai contoh dari tindakan nyata Sri Paus adalah kunjungannya sebagai seorang uskup agung ke rumah perawatan AIDS pada sebuah Kamis Putih untuk “mencuci dan menciun kaki 12 pasien AIDS”. Menurutnya tindakan ini melambangkan bahwa “gereja tidak mengutuk orang-orang tersebut, namun mengakui dan mengasihi mereka”.

Seorang penasihat senior di Asosiasi Katolik mengatakan, “Dia bukanlah seorang Paus yang bisa dibatasi dalam sebuah kotak. Dia adalah seorang Jesuit yang sekarang dinamai Fransiskus yang terikat dengan komuni dan kebebasan. Saya tidak bisa menempatkan beliau ke dalam batas ideologi manapun. Melalui ajaran dan tindakannya, beliau akan memimpin gereja dengan sangat menakjubkan dalam sebuah penginjilan yang baru.”

Paus Fransiskus juga dinilai akan berhasil menyatukan gereja-gereja, melihat latar belakangnya yang bervariasi. Beliau akan menunjukkan bahwa tidak ada yng namanya Katolik Liberal dan Katolik Konservatif. Beliau mengajarkan pada kita bahwa kita seharusnya bersatu.

Berpendapat serupa, Kim Danield, direktur Catholic Voices USA, menyatakan, “Paus Fransiskus adalah seseorang yang memiliki kesucian pribadi, dan kerendahatian. Ia adalah seorang cedekiawan, pendeta, dan juga memposisikan dirinya sebagai penduduk luar Vatikan.”

Daniels juga menyatakan bahwa orang-orang beriman boleh tenang karena Paus Fransiskus akan sanggup mengikuti jejang Santo Fansiskus Asisi dalam menjawab panggilan Tuhan untuk “membangun gereja kembali”.

Paus Fransiskus, pemimpin yang akan menyatukan gereja masa kini.


Baca juga artikel lainnya:

Paus Fransiskus : Tidak Usah Ke Roma, Sumbangkan Uangnya ke Orang Miskin

Paus Fransiskus Minta Umat Lebih Berani

9 Kunci Penting Menuju Hubungan yang Berhasil

Sumber : CNA / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami