Presiden SBY Harapkan Pemekaran jadi Solusi di Papua

Nasional / 28 February 2013

Kalangan Sendiri

Presiden SBY Harapkan Pemekaran jadi Solusi di Papua

daniel.tanamal Official Writer
1920

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap bahwa pemekaran di bumi Papua dapat menjadi solusi. Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan dan Otonomi Daerah Velix Wanggai.

"Pemerintah di sini bukanlah entitas tunggal. Ada juga orang-orang DPR, 'budgeting power' yang berpengaruh dalam memutuskan masalah ini. SBY berharap pemekaran dapat menjadi solusi supaya masyarakat dekat pada pelayanan publik," ungkap Velix.

Velix juga memaparkan bahwa selain pemekaran dilindungi oleh payung hukum, pemekaran juga dianggap sebagai langkah rasional karena kondisi wilayah Papua sendiri, yang akan lebih mudah apabila dimekarkan. "Pemerintah sebelumnya tidak memiliki grand design untuk kesehatan, infrastruktur, juga pendidikan untuk kedepannya, sehingga hal ini akan menjadi PR untuk pemerintahan yang baru sekarang ini,” ujarnya.

Ketua Kaukus Papua yang juga menjadi anggota DPR-RI Paskalis Kossay juga melihat bahwa selama ini masyarakat Papua terjebak dalam isolasi wilayah, minim kesejahteraan, jauhnya fasilitas umum dan kondisi pendidikan yang kurang. Karena itu menurutnya pemekaran dapat dijadikan satu pendekaran bila ingin pertumbuhan berjalan dengan cepat.

 "Walaupun demikian, orang Papua sendiri berbeda-beda dalam menanggapi hal ini. Ada yang menganggap pemekaran akan menelantarkan kehidupan mereka, padahal dari segi SDM, mereka belum siap. Kalau ingin Papua bertumbuh cepat, pemekaran sendiri adalah salah satu pendekatan," katanya.

Namun Kossay meminta agar pemerintah mau mengkaji secara cermat dengan mekanisme yang selektif dan proporsional. "Saya harap pemerintah merespon dengan baik, jangan ditolak mentah-mentah. Harus dikaji lebih dulu."

 

Sumber : beritasatu.com
Halaman :
1

Ikuti Kami